Airbus Siap Perluas Kemitraan Pesawat Militer dengan Indonesia

Rabu, 02 November 2022 – 22:22 WIB
Airbus menandatangani nota kesepahaman dengan PT Dirgantara Indonesia (PTDI) untuk menjajaki perluasan perawatan helikopter dan pesawat militer.Foto: Wenti Ayu/JPNN

jpnn.com - Produsen pesawat terkemuka dari Prancis, Airbus siap terlibat alam pengembangan sektor militer dan luar angkasa di Indonesia.

Komitmen tersebut didasari pandangan bahwa sektor militer dan luar angkasa memiliki potensi pertumbuhan di Indonesia.

BACA JUGA: Menhan Prabowo Amankan Pembelian Pesawat Airbus, Netizen Bersorak

Adapun kemitraan itu termasuk program gabungan dengan PT Dirgantara Indonesia (PTDI) dalam hal perakitan pesawat angkut militer, produksi empennage dan badan pesawat bagian belakang C295, serta tailboom dan badan pesawat utama untuk helikopter H225.

PTDI juga menjadi pemasok dari berbagai tipe pesawat Airbus dan memberikan layanan perbaikan untuk armada helikopter Airbus yang beroperasi di Indonesia.

BACA JUGA: Batik Air Sterilisasi Airbus Usai Misi Kemanusiaan dari Wuhan ke Batam

Airbus Chief Representative of Indonesia, Dani Adriananta mengatakan Indonesia merupakan pasar besar di mana Airbus telah bertumbuh dan menjadi produsen pilihan untuk pesawat komersial, produk pertahanan, solusi luar angkasa, dan produk helikopter.

"Di luar sektor pesawat komersial, Airbus juga telah mencatat kesuksesan di pasar helikopter dan pertahanan Indonesia, dengan 150 helikopter dan 60 pesawat transportasi militer yang beroperasi," ujar Dani dalam acara Airbus Media Roundtable Pre-Indonesia Expo and Forum 2022, Rabu (1/12). 

BACA JUGA: Batik Air Bakal Datangkan Pesawat Airbus 320 NEO

Selain itu, Armada helikopter Airbus juga melayani berbagai misi, termasuk transportasi, utilitas, pencarian dan penyelamatan, layanan medis darurat, dan operasi kemanusiaan.

Dani menyebutkan saat ini, Indonesia mengoperasikan armada pesawat angkut multiperan C295 yang populer dan dirakit secara lokal.

Indonesia juga telah memesan dua pesawat Airbus A400M dalam konfigurasi multiperan tanker dan angkut, dengan Letter of Intent untuk empat pesawat tambahan.

Menyoroti helikopter, Airbus merupakan pemimpin di pasar helikopter Indonesia, bahkan Amada Airbus mencakup sepertiga dari total helikopter aktif di Indonesia, termasuk H225M multiperan yang memiliki peran penting dalam misi pencarian dan penyelamatan, serta pengiriman bantuan ketika terjadi bencana.

Dani mengungkapkan permintaan helikopter militer akan didorong oleh lmodernisasi armada untuk kebutuhan pelatihan, misi pencarian dan penyelamatan, dan keamanan maritim.

"Di sinilah helikopter Airbus yaitu H135, H145, dan H225 dapat memenuhi kebutuhan segmen militer Indonesia, sedangkan H125 dan H130 sangat cocok untuk pekerjaan utilitas," ungkapnya.

Selain itu, Airbus berada di posisi yang tepat untuk menawarkan solusi armada gabungan A400M-C295 untuk mendukung kebutuhan strategis dan taktis Indonesia.

“Indonesia adalah mitra penting untuk Airbus, dan kami tetap berkomitmen penuh untuk memperkuat kemitraan lokal kami dalam mendukung pertumbuhan sektor kedirgantaraan Indonesia,” tegas Dani. (mcr28/jpnn) 


Redaktur : M. Adil Syarif
Reporter : Wenti Ayu Apsari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler