Airin Belum Besuk Suami

Tugas Belajar di Amerika, Pulang Akhir Oktober

Selasa, 08 Oktober 2013 – 06:51 WIB
Wali Kota Tengerang Selatan, Airin Rachmi Diany. Getty Images

TANGSEL - Wakil Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Benyamin Davnie mengatakan Wali Kota Airin Rachmi Diany, istri Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan yang ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih berada di luar negeri. Wali Kota perempuan pertama di Provinsi Banten itu paling cepat tiba di Kota Tangsel pada akhir Oktober nanti dari Amerika Serikat.
     
”Ibu Wali Kota (Airin, red) masih di luar negeri,” ujarnya usai rapat Paripurna di Gedung DPRD Kota Tangsel, kemarin. Penjelasan ini dikemukakan pejabat yang akrab disapa Bang Ben itu berkaitan dengan pertanyaan sejumlah awak media terkait keberadan Airin pasca suaminya ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan atas dugaan penyuapan terhadap Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Akil Mochtar, pekan lalu.

Menurutnya juga, Wali Kota Tangsel mengambil cuti kerja sejak dua pekan lalu untuk belajar di Harvard University. Untuk diketahui, Airin menjadi salah satu peserta program kerjasama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dengan Harvard Kennedy School of Government, Amerika, yakni Executive Education Training Program.

BACA JUGA: Akil Kerap Suruh Sekpri Setor Uang Ratusan Juta

Program yang rutin diadakan sejak 2011 untuk para kepala daerah ini berlangsung selama satu bulan sejak 20 September 2013 lalu. ”Sesuai jadwal cuti, paling cepat wali kota kembali akhir bulan ini. Wali kota berangkat karena dipilih oleh Kemendagri untuk belajar strategic leadership, new public management, dan sustainable development  di Harvard University, Amerika,” ujar Benyamin juga.
     
Terkait adanya informasi yang mengatakan Airin sudah berada di Jakarta dan pulang lebih cepat dari jadwal belajar di Amerika, Bang Ben tidak mau berandai-andai. Menurutnya bisa saja hal itu dilakukan Airin namun bukan kewenangannya menjawab. ”Soal itu saya tidak tahu. Mungkin kalau mendapat persetujuan Kemendagri bisa saja. Tapi kami tahunya Ibu Wali Kota di Amerika mengikuti diklat,” ujarnya juga.
     
Ditanya apakah kasus yang menimpa Wawan, suami Airin akan berpengaruh terhadap kinerja Pemkot Tangsel?  Bang Ben mengatakan tidak ada sama sekali pengaruhnya. Menurutnya sebelum berangkat ke Amerika, Airin sudah membagi-bagi tugas kepada seluruh jajaran di Pemkot Tangsel. Termasuk soal perwakilan Pemkot Tangsel yang hadir dalam rapat paripurna di DPRD. ”Tidak ada masalah. Semua aman terkendali. Kinerja Pemkot Tangsel tetap berjalan,” ujarnya juga.
     
Sementara itu, Kabag Humas Pemkot Tangsel, Dedi Rafidi menjelaskan keberangkatan Airin belajar ke Amerika Serikat merupakan pilihan Kemendagri. Airin berangkat untuk mengikuti Diklat di Harvard Kennedy School of Government sekitar satu bulan.
     
”Wali Kota (Airin, Red) dipilih oleh Kemendagri untuk mengikuti diklat, karena dinilai berhasil dalam pengelolaan pemerintahan dalam bidang keuangan dan bidang lainnya,” ujar Dedi.
     
Sementara itu pantauan INDOPOS (JPNN Group), kediaman Airin di Cluster Sutera Narada, Jalan Sutera Narada V Nomor 16, Perumahan Alam Sutera, Kecamatan Serpong, terlihat sepi. Tidak ada aktivitas di kediaman elite berlantai dua tersebut. Seperti sebelumnya, hanya dua petugas Satpol PP Kota Tangsel yang berjaga di rumah bercat abu-abu tersebut.

Salah satu petugas Satpol PP yang bertugas menjaga rumah itu mengaku wali kota sepengetahuannya masih berada di luar negeri. ”Ibu wali kota kan masih di luar negeri dan tidak ada di rumah,” terang petugas yang meminta namanya tidak dipublikasikan. (fin)

BACA JUGA: Jauh dari Kontroversi, Sutarman Bakal Mulus ke Kursi Kapolri

BACA JUGA: Terima Tunjangan, Penghulu Dilarang Menerima Gratifikasi

BACA ARTIKEL LAINNYA... Besok Closing Date Jamaah Haji


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler