Airlangga & Anies Serasi Pakai Kuning, Sinyal 2024

Rabu, 08 Desember 2021 – 17:34 WIB
Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) Airlangga Hartarto dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Stadion Tenis Indoor, Senayan, Jakarta, Selasa (7/12) malam. Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) Airlangga Hartarto nampak berbincang akrab dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam acara pembukaan Indonesia Wushu All Games 2021 di Stadion Tenis Indoor Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Selasa (7/12) malam.

Anies Baswedan nampak mengenakan masker dan jaket berwarna kuning, sementara Airlangga nampak mengenakan pakaian ala atlet Wushu dan masker kuning.

BACA JUGA: Elektabilitas Airlangga Teratas, tetapi Gibran Mengejutkan, AHY dan Anies Lewat

Pada kesempatan itu, Airlangga mengungkapkan rencana PBWI membangun pusat pelatihan level nasional di ibu kota. Dia pun berharap Anies dapat membantu.

"DKI Jakarta itu kan banyak punya fasos dan fasilitas umum. Kami sudah cek di Citra Garden Cengkareng yang bisa dimanfaatkan untuk pelatnas terpusat," kata Airlangga.

BACA JUGA: Menko Airlangga: PIDI 4.0 Solusi Satu Atap Transformasi Industri

"Selama ini wushu itu seperti waktu saya dan pak Anies kuliah dengan di Yogyakarta yakni, indekos. Sekarang sudah waktunya tidak indekos lagi tinggal diperintahkan saja apalagi wushu ada di Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Targetnya Olimpiade 2032. sekarang, atlet kita rata-rata di bawah 12 tahun sehingga Indonesia bisa dapat meraih emas," ujar Airlangga menambahkan.

Permintaan Airlangga itu mendapat sambutan baik dari Gubernur Anies Baswedan. Bahkan, Anies menyebut olahraga wushu makin populer dan juga berkontribusi besar bagi Kontingen Jakarta pada PON XX Papua 2021.

BACA JUGA: Golkar Jabar Percaya Airlangga Bisa Kalahkan Prabowo

"Wushu cukup berkontribusi besar bagi Jakarta. Bagian kami nanti membayar balik kontribusi buat wushu. Tadi, sudah disampaikan dibutuhkan tempat. Kita senang sekali Jakarta sebagai tempat pelatihan wushu Indonesia," kata Anies yang mengaku pernah tinggal indekos di Yogyakarta seperti yang disebutkan Airlangga Hartarto.

Masih di tempat yang sama, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengapresiasi rencana tersebut.

"Malam ini saya benar-benar bahagia. Tadinya, kami memikirkan tempat untuk Training Camp (TC) untuk cabang olahraga yang masuk DBON. Kenapa saya berterima kasih? Karena, tadi pak ketua umum menyampaikan keinginan membangun TC sendiri. Dan, keinginan ketum itu mendapat sambutan. Terima kasih pak ketum dan juga terima kasih pak Gubernur DKI Jakarta. Luar biasa kehadiran saya malam ini tidak sia-sia. Beban saya menjadi lebih ringan," kata Amali.

Indonesia Wushu All Games 2021 secara resmi dibuka tadi malam. Pertandingan akan mulai bergulir hari ini. Secara keseluruhan, ajang ini mempertandingkan empat kategori yakni, Final Stage Sirkuit Nasional (Series) Taolu Junior, Kejuaraan Nasional Sanda Pra-Junior dan Junior, Kejuaraan Open Wushu Taolu Senior, serta Kejuaraan Open Wushu Kungfu Wingchun.

Khusus untuk Final Stage Sirkuit Nasional (Series) Taolu Junior memperebutkan Piala Menpora. Sedangkan Kejuaraan Nasional Sanda Pra-Junior dan Junior, Kejuaraan Open Wushu Taolo Senior dan Kejuaraan Open Wushu Kungfu memperebutkan Piala Ketua Umum PB WI, Airlangga Hartarto dan Piala Gubernur DKI Jakarta. (ant/dil/jpnn)

 

Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler