Airlangga Bertemu Dmitry Medvedev, Indonesia -Rusia Sepakat Perkuat Bilateral

Rabu, 12 Juni 2024 – 17:40 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto berkesempatan untuk melakukan pertemuan khusus dengan Wakil Ketua Dewan Keamanan Nasional Federasi Rusia H.E. Dmitry Medvedev yang juga eks Presiden Rusia 2008-2012. Foto: Kemenko Perekonomian

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto berkesempatan untuk melakukan pertemuan khusus dengan Wakil Ketua Dewan Keamanan Nasional Federasi Rusia H.E. Dmitry Medvedev yang juga eks Presiden Rusia 2008-2012 dan mantan Perdana Menteri Rusia 2012-2020, yang berlangsung di kediaman resmi Medvedev di pinggiran kota Moskow (State Residence Gorky 9 Odintsovo, Moscow) pada kunjungan kerja hari kedua, Selasa (11/6).

Selain itu, saat ini Medvedev juga menjabat sebagai Ketua Partai Rusia Bersatu (Chairman of United Russia).

BACA JUGA: Terima Penghargaan dari Pemerintah Rusia, Ini Harapan Menko Airlangga

Menyambut secara langsung kehadiran Menko Airlangga di kediaman resminya, Medvedev secara tegas menyampaikan pendapatnya atas peran dan posisi penting Indonesia di mata Rusia.

“Indonesia merupakan mitra utama Rusia dan yang terbesar di kawasan Asia Pasifik," ujar Airlangga.

BACA JUGA: Menko Airlangga Temui 3 Pemimpin Singapura Secara Terpisah Dalam 1 Hari

Selain itu, Medvedev juga menyampaikan rasa senangnya dengan adanya kontak dan pertemuan ini dan berharap bisa membahas berbagai kerjasama dan isu-isu global yang menjamin keamanan dunia.

“Kami senang mengembangkan komponen ini dalam kontak kami. Mari kita bahas kerjasama untuk membahas isu-isu global, isu-isu yang menjamin keamanan di planet ini. Pertemuan ini adalah kesempatan yang sangat baik untuk menjalin kontak demi pengembangan hubungan multifaset (multifaceted relations) antar negara kita,” terang Medvedev.

Menko Airlangga menyampaikan terima kasih atas penerimaan yang sangat baik dari Medvedev di dalam pertemuan khusus ini.

Menko Airlangga menyoroti eratnya kerja sama dengan Rusia.

Dia menyebut Rusia adalah salah satu mitra ekonomi terbesar Indonesia. 

"Kami ingin melanjutkan kerja sama antara kami dan berharap bisa mengembangkannya ke depan, untuk mencapai saling pengertian yang lebih besar,” ucap Menko Airlangga.

Peringatan 74 tahun hubungan bilateral antara Indonesia - Rusia, dipandang sangat penting untuk menjadi momentum dalam rangka memperkuat kerja sama ekonomi, khususnya di sektor perdagangan, perindustrian dan investasi antarkedua negara.

“Indonesia menyambut baik pertemuan ini sebagai bagian dari upaya peningkatan hubungan yang lebih baik antara Indonesia dengan Rusia ke depan,” ungkap Menko Airlangga.

Pada kesempatan tersebut, Menko Airlangga juga menyampaikan berbagai pandangan atas isu-isu global dan strategis lainnya, termasuk isu-isu geopolitik global dan dinamika yang positif di kedua negara.

Pada pertemuan khusus dengan Medvedev ini, Menko Airlangga didampingi oleh Duta Besar RI di Moskow Jose Tavares dan Tim Ahli Kemenko Perekonomian

Medvedev didampingi oleh beberapa pejabat tinggi dari Pemerintah Federasi Rusia.(jpnn)


Redaktur : Elvi Robiatul
Reporter : Elvi Robiatul, Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler