Ajang Jajal Kemampuan

Selasa, 27 November 2012 – 06:52 WIB
JAKARTA - Kompetisi Indonesia Super League (ISL) musim 2012/2013 dijadwalkan kick off pada 5 Januari 2013. Seperti musim-musim sebelumnya, sebelum kompetisi digeber terlebih dulu dilangsungkan turnamen pramusim bertajuk Iinter Island Cup (IIC). Turnamen ini menjadi pemanasan bagi tim peserta kompetisi.   

Tahun ini PT Liga Indonesia selaku operator ISL membuat mengusung format baru IIC. Terhitung sejak pertama digulirkan pada 2010, IIC 2012 akan diikuti jumlah kontestan terbanyak.     

Ke-16 klub tersebut dibagi 4 grup yang disebar di 4 kota besar di Indonesia. Grup A di Palembang, Grup B di Bandung, Grup C di Malang, dan Grup D di Samarinda. Yaitu 16 ISL.  IIC 2012 akan dilanguangkan pada 1-22 Desember 2012.     

"Inter Island Cup 2012 jadi ajang paling pas buat peserta ISL menjajal kemampuannya sebelum tampil di ISL 2012/2013. Prestise IIC kali ini jadi nilai tambah karena para peserta membela kehormatan masing-masing pulau yang jadi domisili mereka," kata Joko Driyono, CEO PT Liga Indonesia.     

Di ajang IIC 2012 nanti PT LI akan menerapkan terobosan baru terkait wasit. Dimana semua wasit di IIC 2012 dibekali teknologi baru yang masih asing di ranah sepakbola Indonesia. Teknologi itu berupa touching power flags.

Dengan teknologi itu, komunikasi asisten wasit dan wasit cadangan dengan wasit utama jadi lebih mudah. Asisten wasit dan wasit cadangan dapat memberitahu wasit utama jika terjadi pelanggaran atau hal penting lain melalui alat bernama arm band.  

Jika asisten wasit dan wasit cadangan menekan tombol di alat itu, arm band yang menempel di tangan wasit utama bakal bergetar. Teknologi itu sudah lazim digunakan di liga-liga sepakbola top Eropa.

Turnamen pra musim IIC 2012 memperebutkan total hadiah lebih dari Rp 250 juta. Tim juara diganjar hadiah uang Rp 150 juta, runner-up Rp 75 juta, top skorer dan pemain terbaik masing-masing kebagian Rp 10 juta.

Sementara itu, tim Persib Bandung mengusung target maksimal di IIC 2012. Ketika dihubungi pelatih Persib, Djajang Nurjaman menyatakan persiangan di Gruo B tidak akan mudah. Tapi timnya sudah siap.

"Tim kontestan di Grup B tak boleh kami anggap enteng. Gresik, misalnya, kini diperkuat sejumlah pemain berkualitas. Sebut saja Aldo Bareto, Chena, dan Matsunaga. Mereka bisa menyulitkan kami. Juga Persidafon yang tampil bagus di ISL musim lalu," kata Djanur. 

Persepam juga tak bisa diremehkan. Djanur menilai Persepam masih sulit diduga karena mereka baru promosi ke ISL 2012/2013. "Sebagai tim promosi, kekuatan Persepam sulit diraba. Itu jadi pekerjaan rumah buat kami," lanjutnya Djanur. (ali)

Pembagian Grup IIC 2012:

Grup A: Sriwijaya FC, Persija Jakarta, PSPS Pekanbaru, Persita Tangerang
Grup B: Persib Bandung, Persidafon Dafonsoro, Gresik United, Persepam MU
Grup C: Arema, Persipura Jayapura, Persela Lamongan, Persiram Raja Ampat
Grup D: Persisam Putra Samarinda, Perseba Balikpapan, Mitra Kukar, Barito Putra

Waktu Pelaksanaan (1-22 Desember 2012):
-Penyisihan: 1-12 Desember 2012
-Semifinal: 15 & 16 Desemebr 2012
-Final: 22 Desember 2012

Hadiah
-Juara: Piala, medali, uang Rp 150 juta
-Runner-up: Piala, medali, uang Rp 75 juta
-Top skorer: Sepatu emas dan uang Rp 10 juta
-Pemain terbaik: Bola emas dan uang Rp 10 juta
BACA ARTIKEL LAINNYA... IPL Kick Off 9 Februari

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler