Ajang Penentuan 20 Pemain

Menuju SEA Games Myanmar 2013

Rabu, 20 November 2013 – 07:36 WIB
Rahmad Darmawan. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Timnas U-23 akan menjalani ujian terakhir di turnamen mini yang digelar di Jakarta besok (21/11) sampai 24 November mendatang. Dari ajang ini, pelatih Rahmad Darmawan akan menentukan siapa saja 20 nama akhir pemain yang akan dibawa ke SEA Games Myanmar 2013 Desember nanti.

 

Sampai saat ini, Timnas memang sudah mendaftarkan 30 nama ke panitia SEA Games ke-27 tersebut. Tapi, di pada H-1 pertandingan nanti, hanya 20 pemain yang bisa dimasukkan dalam skuad inti. Mereka sisanya, sebagai alternative pegganti jika nantinya ada pemain yang cedera.

BACA JUGA: Tetap Ngotot 38 Atlet

"Dari pertandingan disini, kami akan segera rapatkan dalam waktu dekat siapa saja nama-nama pemain yang akan dibawa ke Myanmar," katanya saat ditemui di acara do more camp , kemarin (19/11).

BACA JUGA: 17 Klub Masih Nunggak Gaji

Meski sudah memiliki gambaran pemain inti dan nama-nama yang kemungkinan tidak dibawa, Rahmad belum memberikan bocoran. Hanya, dari ajang turnamen mini ini, dia berharap pemain yang belum menunjukkan performanya dengan maksimal, bisa mengeluarkan kemampuannya.

Hanya, pelatih 46 tahun tersebut memberikan clue bahwa siapa yang lebih banyak dimainkan dan diturunkan di ajang ini, nantinya besar kemungkinan terpilih menuju SEA Games. Sebab, salah satu target utamanya adalah untuk menguji kesiapan akhir tim sebelum ke SEA Games.

BACA JUGA: Bayern Tolak Neymar Saat Masih Remaja

Saat ini, kondisi tim menurut Rahmad sudah mencapai angka 90 persen. Karena itu, di ajang ini bakal disimulasikan beberapa strategi skuad Garuda Muda untuk tampil di multieven khusus Negara se-Asia Tenggara tersebut.

"Simulasi apa yang akan dilakukan di SEA Games nanti ada disini. Nanti akan kelihatan, siapa yang dikasih kesempatan dan bagus disini, itu yang saya pilih," tegas mantan pelatih klub Arema Cronous tersebut.

Rahmad tak menampik, jika di ajang turnamen mini bertajuk MNC Cup ini dirinya ingin melihat peningkatan performa lini depannya. Melawan negara secara level tak ada yang di atas Indonesia, Rahmad ingin banyak gol yang bisa diciptakan dan membuktikan ketajaman penyerangnya.

Apa yang diharapkan Rahmad itu wajar. Pasalnya, dari rangkaian 16 kali uji coba yang telah dijalani, baru dua gol yang bisa diciptakan barisan striker yang dihuni oleh Fandi Eko Utomo Sunarto, Aldaier Makatindu, dan Yandi Sofyan. Sisanya, dicetak oleh gelandang ataupun pemain belakang Timnas.

Dengan apa yang telah ditunjukkan, Rahmad memang masih menunggu ketajaman lini depannya. Meski demikian, dia juga puas karena dengan proses gol yang tercipta, secara tim U-23 sudah cukup baik dalam membangun serangan hingga akhirnya tercipta gol.

"Secara tim sudah bagus, kami berharap disini meningkat dan mencapai peak performance di SEA Games nanti," tandasnya.

Dalam turnamen ini mini ini, Indonesia akan mengawali pertandingan pada 21 November melawan Laos, kemudian dilanjutkan keesokan harinya (22/11) melawan Papua Nugini. Laga terakhir Timnas dimainkan pada Minggu (24/11) nanti. (aam)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bepe-Leo Gugat Persija ke PN


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler