Ajang Pesta Besar Pencinta Komik

Jumat, 19 Juli 2013 – 06:42 WIB
Comic-Con International 2013 di San Diego Convention Center, Amerika Serikat. Foto: comicsreporter.com
SAN DIEGO - Comic-Con International 2013 dimulai. Gate ajang budaya pop terbesar dunia itu dibuka kemarin pagi, pukul 07.30 waktu setempat (tadi malam WIB). Acara yang berlangsung di San Diego Convention Center tersebut berlangsung empat hari atau sampai Minggu (21/7).

Event kali ini dijanjikan berlangsung lebih ramai dan meriah. Dalam beberapa tahun terakhir, rata-rata Comic-Con dihadiri lebih dari 100 ribu pengunjung. Sebagian besar datang dengan mengenakan kostum-kostum menarik adaptasi berbagai komik.

Orang-orang di balik karya besar cerita komik, selebriti, hingga komentator dipastikan juga tidak akan melewatkan momen yang tahun ini diikuti lebih dari 80 perusahaan itu.

Salah satu yang ditampilkan kali ini adalah evolusi kostum Superman. Baju-baju manusia besi tersebut dipajang di stan DC Comics. Co-Publisher DC Comics Dan DiDio mengaku sempat bingung bagaimana menatanya mengingat tiap kostum punya fans masing-masing.

DiDio juga punya favorit. "Yang dipakai Christopher Reeve," katanya seraya menunjuk kostum biru merah. "Saya suka yang klasik," tambahnya sebagaimana dikutip USA Today.

Memilih kostum favorit adalah salah satu acara DC dalam memperingati tahun ke-75 Superman. Kostum dengan tanda tangan Reeve merupakan salah satu di antara delapan outfit yang dipajang. Itu termasuk kostum Superman jahat dari Superman III dan baju Henry Cavill dalam Man of Steel.

Menurut DiDio, melihat kostum tersebut seperti memandang bagian terbaik dalam hidupnya. "Anda berpikir tentang sosok karakter yang diciptakan pada 1938. Banyak karakter seangkatannya yang sudah lenyap. Tapi, Superman justru makin kuat," tuturnya.

Pada pameran tahun ini, DC fokus mengeksplorasi Superman. Sementara itu, muncul keinginan dari para fans agar DC mengembangkan hubungan khusus Superman dengan superhero perempuan, Wonder Woman. Yang juga tak bisa dilewatkan dalam acara tersebut adalah rangkaian kegiatan promo film dan serial TV baru.

Datang ke Comic-Con, semua penggemar komik pasti akan dimanjakan secara berlebihan. Masuk acara saja, pengunjung sudah langsung dapat tas punggung. Bukan tas biasa, tapi juga berfungsi sebagai jubah superhero.

Studio Warner Bros. untuk kali keempat menjadi sponsor official bag. Sekitar 130 ribu tas diproduksi dan siap dibagi di arena konvensi. Gambarnya macam-macam serial TV Warner Bros. Ada Arrow, The Big Bang Theory, The Following, Revolution, Supernatural, Teen Titans Go!, dan The Vampire Diaries. Juga, Justice League dan Batman.

Selain itu, hanya di perhelatan tersebut Godzilla bukan lagi sekadar monster raksasa. Ia menjadi event tersendiri. Booth perusahaan film yang memproduksinya, Legendary Pictures, mendirikan bangunan paduan mini museum dan theme-park dengan nama Godzilla Encounter.

Masuk ke bangunan itu, para pencinta monster disuguhi beragam hal menakjubkan. Mereka dibawa seolah berjalan di kawasan distrik Jepang yang didedikasikan untuk segala hal mengenai Godzilla lengkap dengan mobil polisi terbalik.

Setelah itu, pengunjung bisa masuk ruang special disaster. Juga, ada Ramen dan Sushi Bar dengan menu King Ghidorah Dragon Roll, Zilla Energy Tea, dan Mecharamen. Selama menyusuri jalan tersebut, suara klasik Godzilla yang mengerikan akan terdengar sebagai bagian dari efek. Dibutuhkan waktu tiga bulan untuk mendesain dan satu pekan untuk mendirikan mini museum itu di booth Legendary.

Begitu banyak jadwal menarik yang disiapkan membuat Comic-Con memang bukan sekadar ajang pameran komik. Acara itu, sekali lagi, benar-benar sudah menjadi pameran budaya pop terbesar dunia. (ayi/c10/ca)


BACA ARTIKEL LAINNYA... Taliban Surati Malala, Gadis 16 Tahun yang Pernah Ditembaknya

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler