Aji Santoso Minta Skuatnya Bermain Seperti Laga Final

Semen Padang vs Persela

Minggu, 15 Oktober 2017 – 06:38 WIB
Aji Santoso. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, LAMONGAN - Semen Padang FC punya sederet pemain bintangseperti Marcel Sacramento hingga Vendry Mofu.

Namun, seiring perjalanan kompetisi Liga 1, Kabau Sirah justru terpuruk. Dalam sepuluh pertandingan terakhir saja, tidak satu pun kemenangan berhasil direbut.

BACA JUGA: Persela Lamongan Tantang Sriwijaya Main Terbuka di Palembang

Empat kali seri dan sisanya dipermalukan jadi catatan buruk Semen Padang. Tim kebanggaan Tanah Minang ini pun juga terancam turun kasta karena posisinya saat ini berada satu setrip di atas Perseru Serui di peringkat 16 klasemen sementara.

Imbasnya, sang pelatih Nilmaizar pun mengundurkan diri pada 4 Oktober 2017 karena merasa gagal menukangi Hengki Ardiles dkk.

BACA JUGA: Aroma Persaingan Aji dan Gethuk dalam Laga Arema vs Persela

Posisi Nil lantas digantikan sang asisten, Delfi Adri. Memegang jabatan pelatih di saat kompetisi berjalan, Delfi belum bisa menunjukkan tanda-tanda kebangkitan Semen Padang.

Hanya satu poin disumbangkan, yakni di pertandingan terakhir di kandang, Stadion H. Agus Salim saat menjamu Madura United pada 6 Oktober kemarin.

BACA JUGA: Saran Aji Santoso Untuk Timnas U-19 saat Hadapi Filipina

Nah, ujian sebenarnya bagi caretaker Semen Padang itu adalah hari ini. Saat bertandang ke Stadion Surajaya, Lamongan menghadapi Persela. Jika menang, otomatis jurang degradasi bisa dijauhi untuk sementara.

''Ya, saya berharap bisa curi poin di Lamongan. Imbang minimal, syukur-syukur bisa menang supaya terus menghindari zona degradasi,'' ujar Delfi saat jumpa pers jelang pertandingan kemarin (14/10).

Skuad lengkap dibawanya ke Lamongan. Nama-nama seperti Marcel Sacramento, Vendry Mofu, Rico Simanjuntak, hingga Cassio Fransisco masuk dalam skuad.

Hanya gelandang tengah Rudi saja yang belum bisa tampil karena masih cedera. ''Kami tidak ingin mengecewakan orang Minang. Semen Padang harus tetap bertahan di Liga 1 musim depan,'' tegasnya.

Untuk bisa menembus pertahanan, Delfri mengintstruksikan anak asuhnya tampil ngotot.

Sosok Novan Setya Sasongko pun bakal jadi andalan untuk menjaga pergerakan Samsul Arif di lini serang Persela. Keduanya sempat satu tim di Persibo Bojonegoro di era 2006-2010.

''InsyaAllah jika ditugaskan jaga Samsul, saya pasti siap. Sudah kenal bagaimana cara bermain Samsul,'' katanya saat ditemui Jawa Pos kemarin.

Dari kubu tuan rumah sendiri, Pelatih Persela Aji Santoso menyadari tamunya tersebut punya ambisi besar meraih kemenangan.

Dia juga menegaskan walaupun ditinggal Nil di kursi kepelatihan, Semen Padang tetaplah tim yang menakutkan.

''Dengan materi pemain seperti itu, harusnya Semen Padang bisa berada di peringkat yang lebih bagus lagi. Bukan di papan bawah,'' ungkapnya.

Karena itu, Aji juga meminta skuatnya untuk tampil habis-habisan hari ini. Bermain di kandang, 3 poin baginya harga mati jika ingin Persela terus memegang asa untuk bertahan di Liga 1 musim depan.

''Saya tegaskan ke anak-anak, besok bermain seperti laga final. Rebut semua kemenangan di kandang,'' harapnya.

Bahkan, dia secara spesial meminta Saddil Ramdani yang sedang melakukan pemusatan latihan Timnas U-19 untuk pulang.

Mantan pelatih Arema itu tidak ingin setengah-setengah di 6 sisa pertandingan Persela musim ini. ''Tergelincir sedikit bisa petaka bagi kami,'' tuturnya.

Saddil yang kemarin sudah bergabung dengan Samsul Arif dkk juga merasa pertandingan hari ini jadi penentu bagi Persela.

Dia berharap raihan positifnya di timnas bisa menular di klub berjuluk Laskar Joko Tingkir tersebut. ''Saya ingin tampil maksimal,'' paparnya. (rid)

Perkiraan Pemain Persela V Semen Padang

Persela (4-3-3): 20-Ferdiansyah (g); 14-Birrul Walidain, 64-Ramon Rodrigues, 12-Zainal Haq, 3-Samsul Arifin; 13-Agung Pribadi, 8-Eka Ramdani, 90-Jose Manuel Barbosa; 77-Fahmi Al Ayyubi, 76-Saddil Ramdani, 9-Samsul Arif (c)

Pelatih: Aji Santoso

Semen Padang (4-3-3): 22-Jandia Eka Putra (g); 2-Novan Setya, 89-Cassio Fransisco, 16-Agung Prasetyo, 11-Hengki Ardiles (c); 17-Ko Jae-song, 10-Vendry Mofu, 20-Riko Simanjuntak; 88-Irsyad Maulana, 90-Boas Atururi, 8-Marcel Sacramento

Pelatih: Delfi Adri

Stadion: Surajaya, Lamongan

Live: tvOne pukul 15.00 WIB

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Putus dengan Arema, Aji Santoso Bilang Bukan Gara-Gara Suporter


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler