AJP 2024 Resmi Dibuka, Pertamina Siap Menjaring Karya Jurnalistik Terbaik

Rabu, 31 Juli 2024 – 22:39 WIB
VP Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso bersama perwakilan juri AJP Maman Suherman dan perwakilan media Livia Ramadhanti dari Metro TV melakukan seremoni pembukaan Anugerah Jurnalistik Pertamina 2024 yang berlangsung di Jakarta, Rabu (31/7). Foto: Dokumentasi Humas Pertamina

jpnn.com, JAKARTA - PT Pertamina (Persero) kembali membuka Anugerah Jurnalistik Pertamina (AJP) 2024 dan siap menerima karya jurnalistik terbaik dari insan media Indonesia.

Peresmian dimulainya AJP 2024 dipadu dengan kegiatan coaching clinic yang menghadirkan Dewan Juri Nasional Maman Suherman serta pemenang Best of The Best AJP yang berlangsung secara hybrid di Jakarta, Rabu (31/7).

BACA JUGA: Pertamina Usung Tema Energizing You di Anugerah Jurnalistik Pertamina 2021

Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengatakan AJP 2024 merupakan event jurnalistik tahunan dari Pertamina sebagai apresiasi untuk insan media di seluruh Indonesia yang telah membuat karya jurnalistik berkualitas bagi publik.

Kompetisi tahunan ini juga dalam rangka menyambut ulang tahun ke-67 Pertamina pada Desember 2024 mendatang.

BACA JUGA: Dirut Pertamina Nicke Widyawati Puji Menteri Erick Thohir: Beliau Selalu Hand On!

“AJP merupakan apresiasi Pertamina kepada insan media di seluruh Indonesia yang telah mendukung kinerja positif perusahaan dengan karya jurnalistik berkualitas,” ujar Fadjar.

Fadjar menyampaikan AJP tahun ini merupakan kompetisi jurnalistik Pertamina yang telah berjalan selama 21 tahun.

BACA JUGA: Konsisten Jalankan Program TJSL, Pertamina Borong 42 Penghargaan CSR Awards

AJP 2024 bisa diikuti oleh jurnalis cetak, online, elektronik serta jurnalis foto.

Syaratnya, karya jurnalistik telah dipublikasikan di media massa pada rentang waktu satu tahun sejak 6 November 2023 hingga 31 Oktober 2024.

Berbeda dari AJP sebelumnya, imbuh Fadjar, AJP tahun ini memiliki 8 kategori lomba yang terbagi menjadi 2 pilar, yakni bisnis dan non-bisnis.

Pilar bisnis meliputi 4 kategori karya, yakni karya tulis (media cetak dan online), karya televisi, karya radio, dan karya essay foto.

Begitu juga dengan pilar non bisnis terbagi menjadi 4 kategori meliputi karya tulis (media cetak dan online), karya televisi, karya radio, dan karya essay foto.

“Untuk pilar bisnis, rekan-rekan jurnalis media bisa menulis tentang kinerja dan operasional Pertamina dari hulu ke hilir, inovasi dan digitalisasi, transisi energi dan energi hijau, ekspansi bisnis dan sebagainya," terang Fadjar.

Untuk pilar non-bisnis terkait Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) atau CSR, pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) maupun dukungan Pertamina pada olahraga dan lain-lain.

Fadjar menambahkan seleksi AJP 2024 akan dilakukan secara berjenjang di 10 teritori mulai Aceh hingga Papua.

Para pemenang akan mendapatkan hadiah piagam dan uang ratusan juta rupiah serta kursus singkat di luar negeri bagi pemenang Best of The Best.

“Seluruh karya AJP akan dinilai oleh Dewan Juri yang kredibel dan profesional di bidang masing-masing secara objektif dan independen,” tandas Fadjar.

Dalam acara Kick Off AJP ini, Pertamina juga menghadirkan pemenang Best of The Best pada AJP sebelumnya untuk berbagi pengalaman kepada para insan media yang hadir secara offline dan online dari seluruh Indonesia.

Pengalaman memenangkan lomba hingga meraih kursus singkat di luar negeri menjadi motivasi bagi insan media untuk mengikuti AJP 2024.

Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDGs).

Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler