Akhiri Masa Tugasnya, Dubes AS Kunjungi Ketua DPD RI

Rabu, 13 Juli 2016 – 22:42 WIB
Ketua DPD RI Irman Gusman (tengah) menerima Duta Besar AS untuk Indonesia, Robert O Blake, Rabu (13/7) di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta. FOTO: Humas DPD RI

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Irman Gusman menerima kunjungan dari Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Robert O Blake, Rabu (13/7) di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta.

Kunjungan tersebut dilakukan saat Blake memasuki masa purna tugas sebagai duta besar. Dalam kunjungannya, Blake berharap kerja sama antara Indonesia dan Amerika Serikat dapat terus berjalan dan bertambah erat.

BACA JUGA: Jokowi Diminta Ganti Menteri Non Parpol Bidang Perekonomian

Dirinya juga menganggapPD RI mempunyai peranan yang sangat penting dalam sistem demokrasi di Indonesia.

Menurut Blake, DPD RI melalui setiap anggotanya di daerah dapat berperan membuka investasi untuk kemajuan daerah melalui kerja sama dengan negara-negara lain. Salah satunya adalah Amerika Serikat.
Dalam pertemuan yang juga dihadiri oleh Senator dari Sumatera Utara Parlindungan Purba dan Sekretaris Jenderal DPD RI Sudarsono Hardjosoekarto, Irman Gusman juga berharap bahwa kerja sama antara Indonesia dan Amerika Serikat dapat terus terjalin erat.

BACA JUGA: Jokowi Sudah Kirim Surat buat Presiden Filipina

Kerja sama tersebut dapat dilakukan di berbagai bidang seperti ekonomi, pertahanan, teknologi, ataupun kebudayaan. Dirinya berharap bahwa kerjasama-kerjasama dengan negara lain yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat harus ditingkatkan.

“Dia (Blake) melihat Indonesia merupakan sebuah negara yang mempunyai prospek menjadi negara besar, tidak hanya dari ekonomi tapi juga dari demokrasi, perdamaian, dan pluralisme,” ujar Irman.

BACA JUGA: Anak Buah Aguan Ngaku Cuma Menggertak

Blake, kata Irman, ingin melihat Indonesia bisa tampil untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan kemajuan bangsa serta peran penting Indonesia di dunia global.

Selain itu, lanjut Irman, mengajak kerja sama Indonesia di dunia internasional yang disebut dengan TPP (Trans Pacific Partnership) sangat menguntungkan Indonesia.

"Oleh karena itu, kami di DPD akan mengkaji terhadap kerja sama-kerja sama internasional yang menguntungkan Indonesia,” ujarnya.

Senator dari Sumatera Barat ini juga mengatakan bahwa melalui kerja sama dengan Amerika, Indonesia dapat meningkatkan kapasitas dan perannya dalam persaingan global. Kerja sama dengan Amerika juga dapat dilakukan di bidang pendidikan, salah satunya adalah pertukaran pelajar.

Menurut Irman, Indonesia dianggap sebagai negara yang mempunyai potensi untuk muncul sebagai negara besar di dunia. Salah satunya dilakukan melalui kerja sama dan partisipasi di dunia internasional dengan negara lain seperti penanganan masalah perubahan iklim, masalah lingkungan, terorisme, perdamaian dunia, ataupun narkoba.

Dalam kesempatan yang sama, Blake menyampaikan bahwa banyak bidang yang dapat dikerjasamakan antara Indonesia dan Amerika Serikat.

Dirinya beranggapan Indonesia kedepannya akan menjadi negara yang besar. Oleh karena itu, untuk menghadapi tantangan global, dia berharap kerja sama antara Indonesia dan Amerika Serikat dapat ditingkatkan, baik di bidang ekonomi, maritim, pertahanan, ataupun teknologi.

“Saya ingin berterima kasih kepada Pak Irman atas kerjasamanya dan pertemanan yang dekat, dan saya menganggap DPD mempunyai peran yang sangat penting di sistem demokrasi di negara ini,” kata Blake.

"Kami tidak hanya membicarakan bagaimana memperkuat kerja sama yang lebih kuat antar pemerintah tetapi juga antar legislator. Kami juga ingin  meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi dan demokrasi antara negara kami dengan Indonesia. Untuk menghadapi tantangan berat dari dunia, kami sangat membutuhkan kerjasama yang kuat dengan Indonesia,” ucapnya.(fri/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... DPR Minta Publik Tak Serius Sikapi Napi Kabur


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler