Aksi Heroik AKP Agus Menolong Seorang Ibu Melahirkan

Rabu, 04 Oktober 2017 – 16:04 WIB
Kanitlantas Polsek Tenggilis Mejoyo AKP Agus Setyo Basuki bersama Indah Nur Jayanti dan bayinya. Foto: source for JawaPos.com

jpnn.com, SURABAYA - Respons Kanitlantas Polsek Tenggilis Mejoyo, Surabaya, AKP Agus Setyo Basuki pantas diacungi jempol. Di tengah kepanikan yang luar biasa, aksi heroik AKP Agus menolong seorang ibu yang mau melahirkan, Selasa (3/10).

Peristiwa itu berawal saat seorang perempuan bernama Indah Nur Jayanti tiba-tiba memarkirkan motornya di depan Mapolsek Tenggilis Mejoyo, Selasa petang sekitar pukul 18.00. Indah kemudian berjalan sempoyongan masuk ke dalam Mapolsek, mendekati petugas jaga.

BACA JUGA: Ketimbang Mas Agus, Ibas Dianggap Lebih Pas jadi Wagub Jatim

Saat itu polisi yang melihat kondisinya memprediksi bahwa Indah akan melahirkan. "Waktu itu saya di ruangan, anggota yang di pos jaga melapor ke saya. Katanya ada ibu-ibu yang memegangi perut, seperti hendak melahirkan," cerita Agus kepada JawaPos.com.

Dengan segera, Agus bergegas menuju pos jaga. Saat itu dia melihat Indah sudah dalam kondisi pucat. "Mukanya pucat. Saya lihat lebih teliti sepertinya air ketubannya juga sudah pecah. Saya berpikir untuk segera mengambil tindakan," lanjutnya.

BACA JUGA: Ucapan dari Agus Yudhoyono Buat Anies dan Ahok Ini Jempolan

Kepanikan sempat melanda Agus beserta anggotanya. Maksud hati ingin membawa Indah ke rumah sakit, namun tidak ada mobil patroli. Saat itu posisi mobil patroli sedang keliling rutin memantau situasi keamanan di sekitaran Tenggilis Mejoyo.

Tidak mungkin menunggu, karena kondisi jalan juga sedang macet bebarengan dengan jam pulang kantor. Akhirnya Agus memutuskan untuk membopong Indah keluar. Dengan sangat hati-hati, Indah dibawa ke pinggir jalan.

"Saya mau nyegat taksi, kok ya lama datangnya. Akhirnya ada satu angkot yang datang, langsung saja saya cegat. Memang butuh pertolongan secepatnya" ujar polisi dengan tiga balok di pundak tersebut.

Indah kemudian diangkut angkot menuju ke rumah sakit terdekat. Agus meminta sopir angkot untuk mengarahkan kendaraannya menuju Rumah Sakit Royal, jaraknya sekitar 300 meter dari Mapolsek Tenggilis Mejoyo.

Saat di rumah sakit, Agus melihat kondisi Indah di Instalasi Gawat Darurat. "Ya nyuwon sewu, saya lihat kepala bayinya sudah keluar. Maka dokter segera membantu proses persalinan," katanya.

"Pihak rumah sakit juga tanya siapa yang bertanggung jawab (dengan biaya persalinan). Saya kemudian bilang, saya yang jamin. Sambil saya coba hubungi keluarganya," lanjutnya.

Agus kemudian membuka tas dan dompet Indah. Di situ ditemukan KTP, SIM, sampai surat nikah. Alamat yang tertulis di identitas itu adalah Simo Pomahan Baru IIIA/40. "Saya coba hubungi keluarganya kebetulan ada nomor teleponnya juga. Tapi nggak nyambung-nyambung," beber Agus.

Akhirnya, Agus mencoba menghubungi salah satu stasiun radio swasta di Surabaya. Dia meminta agar radio tersebut menyiarkan alamat Indah agar didengar oleh keluarganya. "Akhirnya ada teman suaminya yang dengar itu. Suaminya langsung ke rumah sakit," jelasnya.

Indah sendiri melahirkan bayi laki-laki dengan kondisi sehat. Rabu siang (4/10), Agus menjenguk Indah di rumah sakit. Indah sedang mengemasi barang-barangnya, bersiap untuk segera pulang. Motor Indah sendiri masih berada di Mapolsek untuk sementara waktu, menunggu keluarga bisa mengambilnya.

Bagi Agus sendiri, dia merasa senang bisa membantu Indah menjelang proses persalinan. Sebagai polisi, itu sudah menjadi tugasnya. Sedangkan sebagai manusia, dia lega bisa meringankan dan menolong orang yang membutuhkan.

"Saya tidak berharap apa-apa, dapat penghargaan atau pujian. Yang penting saya bisa membantu saat dibutuhkan, itu saja sudah cukup menyenangkan hati," pungkasnya. (did/jpc)


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler