Aksi Heroik Prajurit TNI Ini Berbuah Penghargaan dari Jenderal Dudung, Begini Ceritanya

Jumat, 18 Februari 2022 – 21:58 WIB
KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman saat menerima kedatangan Serma Junaidi di Mabesad Jakarta. Foto: Dispenad.

jpnn.com, JAKARTA - Seorang Babinsa 1705/Cikijing, Kodim 0617/Majalengka, Kodam III/Siliwangi Serma Junaidi mendapat apresiasi dan penghargaan dari Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Dudung Abdurachman. 

Serma Junaidi melakukan aksi heroik menggagalkan aksi pencurian kendaraan bermotor, dan menangkap pelaku yang menggunakan airsoft gun di Majalengka, Jawa Barat, 9 Februari 2022 lalu. 

BACA JUGA: Angkatan Darat RI - Australia Meningkatkan Kerja Sama, Jenderal Dudung Bilang Begini

Serma Junaidi menceritakan kepada Jenderal Dudung bahwa saat itu dia hendak menunaikan ibadah salat subuh berjemaah di masjid dekat rumahnya. Lalu, dia mendengar ada suara keributan, yakni adanya orang memperebutkan sepeda motor. 

“Saat saya dekati, salah satu dari mereka (pelaku aksi pencurian) mengeluarkan pistol dan menembakkan ke arah saya yang berjarak kurang lebih dua meter,” kata Serma Junaidi menceritakan kronologi kejadian kepada Jenderal Dudung di Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta, Jumat (18/2).

BACA JUGA: Kiai Khotimi Tegaskan Ucapan Jenderal Dudung tak Termasuk Penistaan Agama, Begini Penjelasannya

Namun, Junaidi berhasil menghalau tembakan itu dan berhasil melumpuhkan pelaku.

Serma Junaidi mengamankan para pelaku.

BACA JUGA: Irjen Iqbal Minta Anggota Polisi Mencontoh Bripka Oktavianus

Kemudian, dia menyerahkan pelaku beserta barang bukti kepada pihak kepolisian. 

“Terima kasih Bapak Kasad, dan Pangdam III/Siliwangi, Danrem 063/Sunan Gunung Jati, serta Dandim 0617/Majalengka atas bimbingan dan perhatiannya kepada kami selama ini,” kata Serma Junaidi seusai menerima penghargaan.

Sementara itu, Jenderal Dudung memberikan langsung penghargaan tersebut kepada Serma Junaidi di Mabesad, Jakarta. 

Jenderal Dudung menjelaskan bahwa penghargaan itu merupakan wujud apresiasi pimpinan dan institusi TNI AD atas aksi mulai dan terpuji dari prajuritnya. 

Dia menilai Junaidi telah mempraktikkan satu dari tujuh perintah harian Kasad, yaitu membantu rakyat yang kesulitan.

“Serma Junaidi ini melakukan aksi dan hadir untuk membantu mengatasi kesulitan yang dihadapi masyarakat. Untuk itu, hari ini saya memberikan apresiasi dan penghargaan atas tindakan yang telah dilakukan,” kata Dudung dikutip dari siaran tertulis Dinas Penerangan TNI AD. 

Dalam pertemuan itu, Jenderal Dudung memberikan pujian dan mengucapkan terima kasih kepada  Dandim 0617/Majalengka Letkol Inf Andik Siswanto yang telah membina prajuritnya.

“Harapan saya kepada seluruh prajurit TNI Angkatan Darat, jangan pernah ragu-ragu dan segan-segan untuk membantu masyarakat. Apa pun yang menjadi kesulitan masyarakat, prajurit TNI AD harus membantu dan menjadi solusi,” kata Dudung. (antara/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler