Aksi Kiper Pengganti Antar Belanda ke Semifinal

Minggu, 06 Juli 2014 – 06:14 WIB
Kiper Belanda, Tim Krul saat menggagalkan eksekusi penalti pemain Kosta Rika. Getty images

jpnn.com - SALVADOR - Belanda akhirnya menjadi kontestan terakhir semifinal Piala Dunia 2014. Kepastian itu didapat setelah Tim Oranye menyingkirkan Kosta Rika lewat drama adu penalti 4-3 (0-0).

Dengan hasil ini, maka Belanda akan berhadapan dengan Argentina untuk memperebutkan tiket final. Sementara satu partai 4 Besar lainnya, akan mempertemukan tuan rumah Brasil melawan Jerman.

BACA JUGA: Nigeria Terancam Skorsing FIFA

Dalam bentrok Belanda versus Kosta Rika yang berlangsung di Arena Fonte Nova, Salvador, Minggu (6/7) tersebut, kiper Belanda Tim Krul tampil sebagai bintang dengan dua aksinya menggagalkan dua algojo penalti Kosta Rika.

Sebelumnya, adu penalti ini harus dilakoni dua tim karena dalam 2 x 45 menit plus extra time 2 x 15 menit, pertempuran belum menghasilkan gol dan pemenang.

BACA JUGA: Belanda Vs Kosta Rika Lakoni Drama Adu Penalti

Nah, jika di 120 menit itu, kiper Kosta Rika Keylor Navas yang menjadi pahlawan lewat berkali-kali penampilan heroik-nya, maka dalam drama adu penalti ini, Tim Krul lah yang menjadi aktor utama.

Uniknya, Tim Krul baru masuk di laga ini saat extra time hendak berakhir. Sepertinya, sang pelatih Louis Van Gaal memang sudah mempersiapkan Krul menggantikan kiper utama Belanda, Cillessen, khusus untuk penalti.

BACA JUGA: Masih 0-0, Belanda Vs Kosta Rika Masuk Babak Extra Time

Perjudian Van Gaal untuk Krul terbukti jitu. Krul mampu menepis dua tendangan pemain Kosta Rika yakni dari Bryan Ruiz dan Michael Umana. Krul juga sebenarnya bisa membaca arah tendangan 3 eksekutor lainnya, Celso Borges, Geancarlo Gonzalez dan Christian Bolanos, namun Krul tak beruntung di 3 percobaan itu. 

Sementara empat eksekutor Belanda, Robin Van Persie, Arjen Robben, Wesley Sneijder dan Dirk Kuyt sukses menunaikan tugasnya.

Dengan lolosnya Belanda, sepasang partai semifinal dijamin bakal menarik. Brasil vs Jerman, dan Belanda kontra Argentina. (adk/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Belgia Dapatkan Petualangan Hebat di Piala Dunia 2014


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler