Aksi Penjagal Polisi Memantik Kekerasan

Rabu, 29 Mei 2013 – 21:29 WIB
LONDON - Tidak hanya memicu munculnya sentimen antimuslim di Inggris, aksi brutal Michael Adebolajo dan Michael Adebowale sepekan lalu juga memantik kekerasan. Kemarin (28/5) media melaporkan kericuhan di Penjara Full Sutton yang terinspirasi penjagalan siang bolong di Distrik Woolwich, Greenwich Borough, Greater London, itu.

Kerusuhan di penjara berpengamanan maksimal yang terletak di Distrik East Yorkshire, kawasan utara England, itu menyebabkan dua sipir terluka. Jubir POA, serikat karyawan penjara, mengatakan, dua anggotanya terluka saat polisi antihuru-hara hendak membebaskan mereka.

Minggu lalu (26/5) dua sipir yang salah satunya perempuan itu disandera di penjara tempat mereka bekerja. "Tiga narapidana menyandera seorang sipir mulai Minggu petang," kata Jubir yang tidak disebutkan namanya itu.

Kabarnya, tiga narapidana itu marah setelah imam penjara mengimbau seluruh penghuni sel mendoakan Drummer Lee Rigby. Rigby adalah tentara yang menjadi korban penjagalan siang bolong oleh Adebolajo dan Adebowale. Tiga napi itu lantas meluapkan amarah mereka kepada sipir penjara.

Surat kabar Daily Mirror melaporkan, selama disandera, sipir yang identitasnya dirahasiakan itu mengalami berbagai aksi kekerasan. Selain pemukulan, sipir malang itu menjadi korban penusukan. Begitu sipir tersebut ambruk ke lantai, tiga napi menyeretnya keluar. Saat itulah seorang sipir lain yang kebetulan perempuan memergoki aksi jahat tersebut.Sipir perempuan itu lantas berusaha menolong rekannya. Tapi, tiga napi itu malah menjadikannya sandera tambahan.

Operasi pembebasan dua sandera itulah yang lantas menyebabkan bentrok. Tiga napi itu melawan saat petugas berusaha membebaskan dua sipir. Tak lama kemudian, polisi antihuru-hara berhasil melumpuhkan mereka.

Sementara itu, Kepolisian Metro London (Scotland Yard) telah menangkap tersangka ke-10 terkait insiden keji Rabu siang lalu (22/5). Sebelumnya, polisi membebaskan enam dari sembilan tersangka. Saat ini hanya Adebolajo, Adebowale, dan Abu Nusaybah yang masih menjalani pemeriksaan. Kemarin tersangka ke-10 itu ditangkap di Distrik Welling, Bexley Borough, Greater London. (AP/AFP/hep/c2/tia)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Flu Burung di China Kebal Tamiflu

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler