Aktivitas Harian Bisa Cegah Bumil dari Kegemukan

Sabtu, 05 Oktober 2013 – 19:09 WIB

jpnn.com - APA jadinya jika ibu hamil (bumil) kelebihan berat badan? Yang jelas mereka berisiko mengalami komplikasi seperti pre-eklamsia (hipertensi dan kelebihan protein dalam urin), obesitas pasca-persalinan, hingga melahirkan bayi yang juga obesitas. Namun, sebuah penelitian menunjukkan bahwa kegiatan sehari-hari saja cukup mencegah terjadinya hal ini.

Studi yang dilakukan tim peneliti dari Iowa State University ini menemukan sebagian besar ibu hamil kurang melakukan aktivitas fisik. Padahal di samping membantu mengendalikan berat badan, aktivitas fisik yang rutin juga mengurangi nyeri punggung pada ibu hamil, sekaligus menambah energi dan mencegah insomnia.

BACA JUGA: Kekurangan Cairan Picu Penyakit Mag

Meski banyak bumil yang punya program latihan fisik sendiri, tapi studi ini menemukan bahwa tetap aktif sepanjang hari jauh lebih bermanfaat dalam mencegah penambahan berat badan yang berlebihan, ketimbang program latihan fisik khusus itu sendiri.

"Kami bisa membuktikan jika banyak bumil yang menghabiskan 75 persen waktunya ketika terjaga dengan aktivitas sedenter atau bermalas-malasan saja. Banyak juga yang rutin melakukan latihan fisik selama 30 menit sehari seperti yang direkomendasikan selama ini, tapi bukan berarti mereka tidak bermalas-malasan," kata peneliti dan associate professor ilmu pangan dan gizi dari Iowa State University, Christina Campbell, seperti dilansir laman Health.com, Jumat (4/10).

BACA JUGA: Pil Tinja Atasi Infeksi Mematikan

Setelah memonitor tingkat aktivitas dan jumlah kalori yang dibakar sejumlah bumil yang terlibat dalam studi ini, Campbell dan rekan-rekannya pun mengetahui bahwa wanita yang rutin jalan cepat selama 30 menit sehari, dapat membakar kalori tiga kali lebih banyak daripada saat mereka beristirahat.

Namun ternyata, jumlah aktivitas fisik yang dilakukan seharian justru memberikan dampak yang lebih signifikan. Misalnya seorang wanita yang tidak memiliki sesi olahraga khusus tapi terus aktif sepanjang hari karena bekerja misalnya, tercatat lebih banyak melakukan aktivitas fisik dan membakar lebih banyak kalori, dibandingkan wanita yang hanya menjalankan sesi olahraganya tapi tidak aktif bergerak seharian.

BACA JUGA: Orang Berpendapatan Rendah Lebih Gampang Migrain

Dengan kata lain, temuan ini memperlihatkan betapa pentingnya bumil untuk meningkatkan aktivitas fisik harian mereka. "Jadi jika anda pekerja kantoran, jangan lupa bangun dari duduk tiap satu jam sekali dan berkeliling gedung selama lima menit. Atau bisa juga dengan memarkir kendaraan agak jauh dari pintu masuk gedung maupun lebih memilih lewat tangga. Meski sangat sederhana, tapi setidaknya kita punya banyak cara untuk tetap aktif seharian," pungkas Campbell.(fny/jpnn)

:ads="1"

BACA ARTIKEL LAINNYA... Waduh, Mencuci dengan Mesin Cuci Justru Berbahaya


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler