Keinginan bintang Hollywood, Russell Crowe, untuk mendirikan sebuah studio film di sebuah kawasan di Australia sepertinya semakin dekat jadi kenyataan.

Russel yang kini tinggal di dekat Coffs Harbour, negara bagian New South Wales (NSW), pernah mengumumkan jika kawasan pesisir pantai Pacific Bay Resort akan jadi lokasi studio film besar dengan julukan 'Aussiewood'.

BACA JUGA: Kisah Warga Asal Indonesia yang Hidup dengan Parkinson di Australia

Peter Montgomery, direktur resor itu mengatakan studio tersebut akan memiliki lima panggung besar, fasilitas untuk animasi dan pasca produksi, serta e-sports, juga cabang dan kantor dari sekolah film nasional.

"Target kami memulai pembangunan pada awal 2024," kata Peter.

BACA JUGA: Australia Menarik Peredaran Sirop Obat Batuk dan Pelega Tenggorokan yang Mengandung Pholcodine

“Jelas kita harus melalui perencanaan yang masih banyak."

"[Studio] ini akan jadi luar biasa untuk Coffs Harbour dan wilayah ini."

BACA JUGA: Rasanya Seperti Kakak Saya yang Ditembak: Arti Buaya Bagi Warga Pribumi Australia

Akomodasi bagi turis

Museum film Pacific Bay Resort juga merupakan bagian dari proyek yang diperkirakan menelan biaya lebih dari A$400 juta.

Studio film ini nantinya akan diintegrasikan dengan kawasan resor sehingga para pemain dan kru film bisa tetap berada di lokasi saat syuting.

"Ini akan menjadi istimewa, pertama kalinya kita akan membuat film berkualitas tinggi dan berskala besar di sebuah resor," kata Peter.

Nama resmi proyek tersebut adalah Pacific Bay Resort Studios and Village tahap kedua, yang juga sudah diketahui oleh pemerintah negara bagian NSW dan dianggap sebagai pembangunan yang signifikan.

Jika terpilih kembali pada pemilihan negara bagian mendatang, pemerintah Koalisi telah berkomitmen untuk melakukan investasi hingga A$10 juta untuk membuat penghalang suara sepanjang 400 meter agar memastikan studio tidak terpengaruh oleh kebisingan dari jalan tol Coffs Harbour Pacific Highway.

Terlepas dari partai mana yang akan terpilih pada pemilihan mendatang, Peter berharap studio film ini akan terus mendapat dukungan dari pemerintah negara bagian.

"Kami sangat berharap semua pihak politik akan melihat manfaat dari industri baru yang sangat besar ini untuk kawasan regional di NSW," katanya.

Diproduksi oleh Erwin Renaldi dari artikel ABC News.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dunia Hari Ini: Setidaknya 43 Orang Tewas dalam Tabrakan Kereta di Yunani

Berita Terkait