Alasan Facebook Menghapus 200 Akun Orang Kulit Putih

Senin, 08 Juni 2020 – 13:53 WIB
Kantor Facebook di Menlo Park, California. Foto: NyPost

jpnn.com, JAKARTA - Facebook menghapus hampir 200 akun kelompok orang kulit putih yang menebar ujaran kebencian terhadap warga kulit hitam di platformnya.

Dalam beberapa kasus, kelompok supermasi kulit putih itu berencana melakukan pembunuhan menggunakan senjata yang diungggah melalui akun tersebut.

BACA JUGA: Jokowi Mulai Gelar Ratas dengan Tatap Muka

Namun, unggahan tersebut tidak hanya eksis di Facebook, tetapi juga di Instagram.

Pejabat Facebook sudah memantau akun dan bersiap untuk menghapusnya ketika mereka melihat unggahan yang berusaha mengeksploitasi protes kematian George Floyd di Minneapolis, Amerika Serikat.

BACA JUGA: Selama Operasi Ketupat 2020, Polri Putar Balik 156.774 Kendaraan

"Kami melihat mereka berencana mengumpulkan pendukung dan anggota untuk ikut aksi protes. Mereka juga bersiap pergi dengan senjata," ungkap Direktur Kebijakan Kontraterorisme dan Organisasi Facebook, Brian Fishman seperti dikutip dari laman New York Post, Senin (8/6).

Sayangnya, Facebook tidak membocorkan detail pengguna akun termasuk seperti apa rencana spesifik mereka untuk protes atau di mana mereka tinggal di AS. Yang jelas sekitar 190 akun telah dihapus secara keseluruhan.

BACA JUGA: Polda Metro Jaya Rencana Buka Pelayanan SIM di Mal

Proud Boys dan American Guard telah dilarang dari Facebook karena melanggar aturan yang melarang ucapan kebencian.

Facebook mengatakan, akan terus menghapus halaman baru, grup atau akun yang dibuat oleh pelanggaran aturan.

Awal pekan ini, Facebook mengumumkan juga akan melakukan penghapusan segelintir akun yang dibuat oleh supremasi kulit putih yang telah mengklaim gerakan antifa paling kiri. (mg9/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

ADVERTISING
ADVERTISING
Read more...
Tag

Terpopuler