Alat Peraga Kampanye, Satu Paslon Dijatah Rp 200 Juta

Kamis, 18 Agustus 2016 – 00:45 WIB
Pilkada. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - BALIKBUKIT – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung Barat (Lambar) mengamsumsikan aka nada lima pasangan calon bupati yang akan bertarung di pilkada 2017.

Penyelenggara pemilu/kada itu menganggarkan Rp 1 milyar lebih untuk pengadaan alat peraga kampanye (APK), atau masing-masing pasangan dianggarkan Rp 200 juta.

BACA JUGA: Anggaran Pilgub Rp 335 Miliar

Komisioner KPU Lambar Syarif Ediansyah, S.Hi, M.M., mengatakan, terkait APK KPU akan melaksanakan lelang dan nantinya pemenang lelang akan melakukan pengadaan dan sekaligus pendistribusian (pemasangan) APK di seluruh wilayah Lambar khususnya pada titik-titik yang nantinya ditetapkan.

Masing-masing  kandidat akan mendapatkan 272 spanduk, dan 225 umbul-umbul,  dengan pembagian spanduk dua buah per pekon dan umbul-umbul 15 buah per kecamatan, ditambah sejumlah baner berukuran besar sekitar lima buat per pasangan calon.

BACA JUGA: PAN Masih Rahasiakan Kandidat yang Diusung

“Nantinya yang bertanggung jawab melakukan pemasangan itu mutlak rekanan, namun sebelum itu kita akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah  terkait zona yang diperbolehkan menjadi lokasi pemasangan, dan juga akan berkoordinasi dengan seluruh tim sukses pasangan  calon,” katanya.

Memasuki masa kampanye, lanjut Syarif,  seluruh APK tersebut harus sudah terpasang dan seluruh APK milik para kandidat yang telah lebih dulu dipasang harus dilepas, jadi tidak ada lagi APK yang terpasang oleh tim-tim pasangan calon.

BACA JUGA: PKB Tunggu Koalisi Partai

”Jadi yang terpasang sebagai media  sosialisasi atau kampanye adalah APK milik KPU, semua APK milik kandidat akan dilakukan pencopotan semua di seluruh wilayah Lambar,” kata dia.

Dengan dianggarkannya pengadaan APK untuk seluruh kandidat, maka keseragaman bisa terlihat, dan tidak diperkanankan kandidat untuk melakukan penambahan APK  meskipun hanya satu buah.

”KPU belum menentukan jumlah besaran APK dan bahan kampanye yang akan dicetak, hal itu nantinya akan ditentukan bersama tim pemenangan masing-masing calon,” pungkasnya. (nopri/lusiana/sam/jpnn) 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ahok Yakin Bakal Direstui Megawati untuk Berduet dengan Djarot Lagi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler