Album Baru, Anggun Naik Level

Anak Jadi Semangat Baru dalam Hidup

Kamis, 27 November 2008 – 15:43 WIB
JAKARTA - Penyanyi Anggun kembali datang ke IndonesiaKali ini perempuan kelahiran Jakarta yang sudah berkewarganegaraan Prancis tersebut membawa dua kabar bahagia: album baru dan perasaan suka citanya menjadi seorang ibu

BACA JUGA: Okie Menyerah Hadapi Pasha

Anggun baru saja merilis album internasional keempatnya yang diberi judul Elevation.

Album tersebut dikerjakan selama satu setengah tahun
Mayoritas liriknya ditulis saat penggemar berat teh botol itu sedang mengandung Kirana Cipta M

BACA JUGA: Verlita Evelyn Lengket dengan Wisnu

Sasmi yang lahir pada 8 November 2007


Anggun mengatakan, entah kenapa saat hamil itu ide untuk membuat lagu mengalir dengan deras

BACA JUGA: Hamil 6 Bulan, Thessa Masih Syuting

Mulai lagu dengan lirik ceria berirama up beat sampai lagu melankolis"Banyak hal yang aku tulis pada masa hamilEnak saja rasanya penuhYang tadinya teori jadi nyataBanyak yang ingin aku ungkapkan akhirnya lancar tertuang," jelasnya.

Komposisi cerita pada lagu-lagu di album Elevation, kata Anggun, sangat beragamDia mengibaratkan, jika pada album-album sebelumnya sangat personal, maka di album ini seperti otobiografi"Kesannya telanjang," ucap perempuan kelahiran 29 April 1974 itu.

Lagu Seize the Moment, misalnyaAnggun terinspirasi oleh masa sedih ketika ditinggal Darto Singo, ayah kandungnya, untuk selama-lamanyaKetika itu, dia kehilangan momen melihat sang ayah dimakamkan"Butuh satu hari untuk datang ke sini (ke Indonesia, dari Paris, Red.)Tapi sebelumnya (meninggal) sudah ketemu," kisahnya.

Anggun juga bercerita telah kehilangan momen pertama ketika Kirana bisa berjalanKetika itu, Anggun sedang ada pekerjaanAyah Kirana, penulis Cyril Montana, yang mengabari Anggun cerita bahagia ituKata Anggun, rasanya gemas sekali tidak bisa melihat hal itu"Jadi, lagu itu untuk yang sudah pergi dan yang akan datang," kisah Anggun.

Menurut Anggun, membuat lagu adalah sesuatu yang sangat privasiDibutuhkan ketenangan dan kejujuran"Papa pernah bilang, kata-kata (dalam lagu) itu pentingSedangkan melodi yang bikin masuk ke hatiJadi, membuatnya harus datang dari kejujuran," jelasnya

Setiap kali membuat lagu untuk albumnya, Anggun juga menjalani ritual puasa mendengarkan musik yang sedang beredar di TV atau radio"Supaya tidak terpengaruh sama yang komersialPenginnya pure karena aku bikin album untuk publik, bukan untuk diri sendiri," tuturnya.

Dari aspek musik, album Elevation didominasi musik hip hopUntuk itu, Anggun bekerja sama dengan dua produser musik hip hop asal Amerika Serikat, Tefa dan MastaJuga dibantu Pras Michel -salah seorang personel The Fugees- dan DJ Laurent Wolf.

Anggun mengatakan, kerja sama lintas genre itu dilakukan agar ada hal baru pada albumnyaItu pula sebabnya judul Elevation yang berarti peningkatan level dipilih untuk albumnya"Aku memang selalu ingin sesuatu yang baru karena, kalau sama terus, bosanLagi pula, aku cinta musikBuktinya, mencari sesuatu yang baru terus," ujarnya.

Tentang Kirana, Anggun mengaku sangat excited (bersemangat) dengan peran barunya sebagai ibuKarena ini pengalaman pertama, tak heran jika dia merasa harus protektif terhadap si kecil"Anakku nggak boleh difoto, nggak boleh dipublikasiYang ada di iklan sampo sama aku itu bukan anakku," katanya.

Untuk Kirana itulah, Anggun sekarang memiliki sebuah semangat membara dalam menjalani hidup"Aku nggak boleh sakit, nggak boleh matiAku harus terus hidup untuk anakku," ujarnya(gen/ayi)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ultah ke-26, Kiki Amelia Gaet Pria Singapura


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler