Alek Tabrak Kerumunan Pejalan Kaki, Sepuluh Tewas

Rabu, 25 April 2018 – 10:40 WIB
Pengemudi sengaja menabrakkan mobil Van Ryder ke kerumunan orang. Akibat peristiwa itu 10 orang tewas dan 15 lainnya mengalami luka (Daily Express)

jpnn.com, TORONTO - Ali Shaker memelankan laju kendaraannya ketika melihat sebuah van berwarna putih mengarah ke trotoar. Senin siang itu (23/4), lalu lintas di Yonge Street sedang ramai. Trotoar pun penuh pejalan kaki. Dalam hitungan detik, van bertulisan Ryder System Inc itu naik ke trotoar dan menyeruduk para pejalan kaki. Sepuluh orang tewas.

”Dia sengaja naik ke trotoar dan menabraki orang-orang. Semuanya dia tabrak,” kata Shaker dalam wawancara dengan media Kanada CP24 sebagaimana dikutip Associated Press, Selasa (24/4).

BACA JUGA: Berkat Lotere, Cewek Ini Jadi Miliarder di Usia 18

Dia memperkirakan, saat itu si pengemudi van memacu kendaraannya dengan kecepatan sekitar 50 kilometer per jam. Insiden tersebut langsung membuat persimpangan Yonge dan Finch Street macet.

Peter Kang yang kebetulan berdiri di dekat salah satu perempatan ramai di Toronto itu yakin kejadian tersebut disengaja.

BACA JUGA: Venezuela Tambah Musuh, Usir Dubes Brasil dan Kanada

”Itu bukan kecelakaan. Kalau kecelakaan, pengemudi sudah pasti langsung menghentikan kendaraannya begitu naik ke trotoar,” ungkapnya kepada CTV News.

Sepuluh orang tewas dan 16 lainnya terluka akibat peristiwa yang terjadi pada pukul 13.30 waktu setempat itu.

BACA JUGA: Pasangan Supertajir Ditemukan Tewas Tergantung di Pagar

Saat lalu lintas macet karena banyaknya pemakai jalan yang panik dan berusaha menolong para korban, pelaku sempat berusaha kabur. Tepatnya, setelah dia menghentikan van sewaan tersebut sekitar 1,6 kilometer dari titik pertama yang ditabraknya.

Untungnya, aparat sigap. Pemuda 25 tahun yang belakangan diketahui bernama Alek Minassian itu dibekuk tidak jauh dari lokasi kejadian.

”Ini insiden yang disengaja. Bahkan, sudah direncanakan,” kata Kepala Polisi Toronto Mark Saunders dalam jumpa pers menjelang Senin tengah malam.

Kepada Reuters, dia mengatakan bahwa Minassian tercatat sebagai penduduk Richmond Hill, permukiman di pinggiran Toronto. Dalam akun media sosialnya, Minassian menuliskan statusnya sebagai mahasiswa.

Sejauh ini, polisi belum berbicara tentang motivasi pelaku. Investigasi masih berlangsung. Demikian juga proses interogasi terhadap pelaku serta penelusuran kronologi lewat keterangan para saksi mata.

Saunders baru bisa memastikan bahwa insiden yang mengundang keprihatinan Perdana Menteri (PM) Justin Trudeau tersebut bukan kecelakaan. 

Namun, menurut Saunders, masih terlalu dini mengaitkan insiden itu dengan terorisme.

”Berdasar bukti-bukti yang terkumpul sampai saat ini, kami tidak bisa mengatakan bahwa insiden tersebut mengancam keamanan nasional,” katanya seperti dilansir BBC.

Karena itulah, Kepolisian Toronto belum melimpahkan kasus tersebut ke Royal Canadian Mounted Police alias kepolisian nasional.

Saat Minassian menabrak para pejalan kaki itu, Trudeau dan jajaran pemerintahannya sibuk menerima tamu dari negara-negara anggota G7. Pekan ini, para menteri luar negeri berkumpul untuk mempersiapkan pertemuan G7 di Quebec pada Juni mendatang.

”Para menteri negara G7 prihatin mendengar peristiwa yang mengerikan tersebut,” kata Menteri Keamanan Publik Kanada Ralph Goodale.

Kemarin Minassian dijadwalkan menghadiri hearing awal pada pukul 10.00 waktu setempat. Dalam hearing tersebut, hakim akan membacakan dakwaan terhadap pelaku yang kabarnya pernah menjadi siswa di salah satu sekolah untuk anak-anak berkebutuhan khusus itu.

”Saya mengimbau publik supaya tetap tenang. Polisi akan menjamin keamanan masyarakat,” janji Peter Yuen, wakil kepala polisi Toronto. (hep/c7/dos)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mobilio vs Fuso, 1 Tewas di Tempat


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler