Alex-Nono Belum Lapor Dana Kampanye

Senin, 25 Juni 2012 – 12:49 WIB

JAKARTA-KPU DKI Jakarta meminta enam pasangan calon Gubernur dan calon wakil Gubernur untuk menyerahkan laporan dana kampanye yang diterimanya. Seluruh pasangan calon sudah menyerahkan kembali laporan tersebut kecuali pasangan calon nomor urut 6, Alex Noerdin-Nono Sampono.

"Betul, sampai hari ini kita belum terima dari pasangan nomor urut 6," kata Ketua Pokja Kampanye KPU DKI Jakarta, Suhartono saat ditemui di kantornya, Senin (25/6).

Suhartono menjelaskan, batas waktu penyerahan laporan dana kampanye yakni sehari sebelum masa kampanye atau Sabtu pekan lalu (23/6). Hingga Sabtu malam, pasangan Alex-Nono belum juga melaporkan rincian dana kampanye serta asal usulnya ke KPU DKI.

"Pada tanggal 23 Juni sampai dengan pukul 23.59 WIB, yang sudah memberikan laporan pasangan nomor urut 1 sampai dengan 5," ungkap Suhartono.

Menurut Suhartono, tidak ada penjelasan dari pasangan Alex-Nono soal keterlambatan penyerahan laporan dana kampanye. Ia menambahkan, KPU DKI sudah memberikan teguran kepada pasangan calon yang didukung Partai Golkar tersebut. Tidak ada aturan pemberian sanksi atas lalainya pelaporan dana kampanye.

"Tidak ada sanksi tapi kita sudah kasih teguran. Tidak ada konsekuensi apa-apa, cuma ini kan masalah keterbukaan mereka pada publik. Jadi nanti masyarakat yang menilai pasangan calon transparan atau tidak," papar Suhartono.

Laporan dana kampanye diserahkan ke KPU DKI dalam tiga tahap. Laporan awal pemasukan dana kampanye pasangan calon terhitung dari 17 Mei hingga 23 Juni 2012. Laporan tahap kedua diserahkan sehari setelah kampanye selesai. Kemudian laporan terakhir diserahkan setelah hari pemungutan suara tanggal 11 Juli 2012. Rencananya, hari ini KPU DKI akan mengumumkan laporan dana kampanye pasangan calon yang telah diterimanya.

"Hari ini akan kami umumkan, nanti kan bisa dilihat oleh pengamat pemantau masyarakat," pungkas Suhartono. (dil/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... NasDem Siapkan Dana Rp 3 T untuk 300 Caleg


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler