Alexander: Puan Maharani Sangat Potensial Jadi Pemimpin Nasional

Selasa, 07 Desember 2021 – 18:37 WIB
Akademisi sekaligus Pegiat Kesetaraan Gender Alexander Aur (kanan) saat diskusi bertajuk ‘Puan Maharani: Quo Vadis Perlindungan dan Pemberdayaan Perempuan, Anak dan Disabilitas,” di Jakarta, Selasa (7/12). Foto:

jpnn.com, JAKARTA - Akademisi sekaligus Pegiat Kesetaraan Gender Alexander Aur menilai Ketua DPR RI Puan Maharani sangat potensial menjadi pemimpin nasional pada Pilpres 2024 mendatang.

Menurut Alex sapaan Alexanader, pengalaman dan rekam jejak kepemimpinannya di lembaga-lembaga negara yang sangat berhasil menjadi modal bagi cucu Bung Karno ini naik kelas menjadi pemimpin nasional.

BACA JUGA: Puan Maharani ke Anggota Parlemen Dunia: Sampai Jumpa Tahun Depan di Indonesia

“Kalau bicara rekam jejak kepemimpinan tentu Ibu Puan sangat potensial untuk menjadi pemimpin nasional. Pengalaman saat menjadi Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPR RI, Menko PMK dan saat ini sebagai Ketua DPR RI sudah menjadi modal besar kepemimpinan ke depan. Lagi pula pengalaman memimpin lembaga negara itu seperti jalan lurus untuk memimpin negara,” ungkap Alex saat diskusi bertajuk ‘Puan Maharani: Quo Vadis Perlindungan dan Pemberdayaan Perempuan, Anak dan Disabilitas,” di Jakarta, Selasa (7/12).

Dia juga menjelaskan saat menjadi Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), banyak program pemerintah yang sukses seperti penurunan angka kemiskinan, Kartu Pra Kerja, Kartu Indonesia Pintar, Kartu Sembako, Bidik Misi, dan program lain berjalan dengan baik.

BACA JUGA: Emrus Sihombing Sebut Puan Maharani Capres 2024 Paling Mumpuni, Nih Alasannya

“Jangan lupa saat itu Ibu Puan mengkoordinir 8 kementerian yang terkait langsung dengan pemberdayaan kesejahteraan masyarakat. Maka, ketika program 8 kementerian ini berhasil baik, itu juga merupakan keberhasilan beliau dalam memimpin. Dan, kualitas kepemimpinan itu adalah kemampuan melakukan konsolidasi yang hasilnya jelas ketika program-program tersebut berhasil,” jelas Alex.

Alex menilai pengalaman Puan makin matang saat memimpin DPR RI.

BACA JUGA: Hasil Survei: Elektabilitas Demokrat Terus Naik, AHY Juga

Menurut Alex, konsolidasi dan koordinasi lintas fraksi yang dilakukan Puan selama ini sangat efektif sehingga menciptakan stabilitas politik di DPR RI.

“Kalau dulu kita lihat DPR RI itu sering gaduh, maka di bawah kepemimpinan Puan, DPR RI terlihat stabil. Ini bukan tidak mungkin karena kemampuan beliau dalam memimpin yang kian matang,” ucap Dosen Filsafat Universitas Pelita Harapan tersebut.

Alex menambahkan sebagai Ketua DPR RI saat ini Puan Maharani memiliki kesempatan luar biasa untuk makin menunjukkan kemampuan dia dalam memimpin. Termasuk keberpihakan pada isu-isu publik yang saat ini sedang ditunggu-tunggu masyarakat.

Selain itu, kata dia, Puan dalam banyak kesempatan selalu menyampaikan komitmen tentang Indonesia Maju. Hal itu disampaikan Puan saat Pidato pertamanya sebagai Ketua DPR RI.

“Hal-hal yang menjadi kebutuhan masyarakat disampaikan secara lugas sebagai bentuk keberpihakan beliau seperti peningkatan pelayanan Kesehatan yang lebih merata, penguatan sistem penanggulangan bencana, penyempurnaan sistem jaminan sosial dan kebutuhan konkret masyarakat lainnya. Artinya beliau sebagai politisi sudah punya keberpihakan jelas yang menjadi modal untuk memimpin negara ini ke depannya,” pungkas Alex.(fri/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler