Alhamdulillah, Kondisi Kesehatan Gus Sholah Membaik

Kamis, 08 Februari 2018 – 15:39 WIB
KH Salahuddin Wahid alias Gus Sholah. Foto: Gunawan Wibisono/JawaPos.Com

jpnn.com, JAKARTA - Kondisi kesehatan Sholahuddin Wahid atau akrab disapa Gus Sholah mulai menunjukkan tanda-tanda membaik setelah sepekan mendapat perawatan intensif.

Bahkan, jika tidak ada aral melintang, adik kandung almarhum Gur Dur itu diperkirakan akan kembali ke rumah dalam beberapa hari mendatang.

BACA JUGA: Gus Sholah Tak Tertarik Dukung Putri Gus Dur di Pilgub Jatim

“InsyaAllah dua tiga hari lagi akan keluar (sembuh),” kata Dokter Jusuf Misbach saat ditemui di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RS PON), Jakarta, Kamis (7/2).

Jusuf sendiri merupakan dokter khusus yang selama ini menangani kesehatan Gus Sholah.

BACA JUGA: Gus Sholah Nasihati Fraksi PKS

Jusuf menjelaskan, kondisi fisik Pengasuh Ponpes Tebuireng Jombang sudah mulai stabil. Rasa pusing dan sakit di kepala yang sebelumnya dikeluhkan sudah hilang.

Namun untuk memastikan, pihak rumah sakit akan melakukan pengecekan terakhir hari ini (8/2). Jika hasilnya baik, maka dia bisa pulang besok atau lusa.

BACA JUGA: Ini Nasihat Gus Sholah untuk Politikus agar Tak Seperti Victor Laiskodat

Dia menjelaskan, Gus Sholah menderita stroke ringan. Hal itu disebabkan adanya pembuluh darah yang tersumbat di bagian otaknya. “Bagian yang kurang lancar di sebelah kiri,” imbuhnya.

Penyakit itu sendiri, lanjutnya, bukan pertama kali dialaminya. Menurut catatan Jusuf, yang dialaminya sekarang sudah tiga kali.

Biasanya, penyakit tersebut kembali kambuh jika kegiatan yang dilakukan mantan calon wakil presiden itu terlalu berlebihan.

“Kambuh mungkin kecapean, benyak kegiatan fisik maupun mental. Tensi naik dan sebagainya,” imbuhnya.

Seperti diketahui, Gus Sholah masih menjabat sebagai anggota Dewan Etik Mahkamah Konstitusi (MK). Dia sendiri dibawa ke RS setelah kambuh saat bertugas.

Terkait sikap Gus Sholah selama ada dalam penanganannya, Jusuf menyebut sebagai sosok yang sangat kooperatif.

Berbagai larangan makanan yang menjadi pantangan selalu dihindari. Mulai dari udang, kepiting, keju dan makanan berkolesterol lainnya.

Namun untuk kegiatan, diakuinya, itu sudah di luar kewenangannya. Selama ini, pihaknya selalu mengingatkan untuk tidak terlalu memforsir diri dalam bertugas. Idealnya, di usianya sekarang, Gus Sholah harus banyak istirahat.

“Kita hanya menyarankan, Gus jangan kurang tidur. Kalau kira-kira udah ga enak badannya, udah istirahat. Ditinggalin saja (kerjaannya),” tambah dia.

Saat coba dikonfirmasi kemarin, Gus Sholah dan istrinya yang menemani menolak untuk memberi keterangan.

Dalam surat pernyatan yang disampaikan, dia menyerahkan informasi terkait kesehatannya pada Dokter Jusuf.

Untuk diketahui, sejumlah pejabat sudah datang dan menjenguk tokoh Nahdliyin tersebut. Di antaranya Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (far)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mbak Khofifah Sering Sowan ke Gus Sholah


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler