Semburan lahar yang terjadi di kawasan dataran tinggi di Iceland di bulan Agustus 2014 lalu, hingga kini masih menyisakan aliran yang telah membentuk "sungai merah" daerah bersalju tersebut.

Semburan larva dari gunung berapi di kawasan itu telah mencakup area seluas 84 km persegi, dan menjadikannya sebagai kawasan larva terbesar sejak letusan Gunung Laki di tahun 1783-1784, yang menewaskan 20 persen penduduk di sana.

BACA JUGA: Mahasiswa RI di Melbourne Bikin Proyek Sosial Untuk Indonesia


Citra satelit menunjukkan aliran larva di Iceland. (Foto: NASA)

Citra satelit menunjukkan asap yang terus mengepul dari sungai merah itu. Sementara di sekitarnya terlihat lapisan es kutub warna kebiruan yang membeku.

Diperkirakan, ketebalan lava berkisar antara 10 hingga 14 meter dengan volume yang ditaksir berkisar 1,4 km kubik larva yang telah menyembur dari perut Bumi.

BACA JUGA: 5 Mitos di Seputar Anzac Sebagai Identitas Nasional Australi

Diperkirakan sebuah danau baru akan terbentuk menjelang musim panas mendatang saat es akan mencari di seputar bongkahan es Vatnajökull.

Pihak berwenang Iceland pada 28 Februari 2015 menyatakan semburan lava telah berakhir.

BACA JUGA: Australia-Turki Sepakat Cegah Mereka Yang Mau Bergabung dengan ISIS

Meskipun semburan di kawasan Holuhraun itu telah berhenti namun kemungkinan aktivitas gunung berapi ini bisa kembali terjadi.

Semburan ini dipicu oleh aktivitas gunung berapi Bárðarbunga, sekitar 41 km dari lokasi semburan. Para vukanolog yang mengamati kawasan ini melaporkan kaldera Gunung Bárðarbunga mulai meningkat yang menandakan magma mulai berakumulasi kembali.

Iceland dikenal sebagai lokasi geologis paling aktif di muka Bumi.

Citra satelit aliran sungai merah ini direkam pada September 2014 oleh Operational Land Imager yang berada di pesawat ruang angkasa NASA, LandSat 8.

Citra satelit ini menggunakan kombinasi gelombang infrared dan gelombang cahaya lainnya yang bisa menampilkan temperatur larva secara lebih baik.

Kombinasi gelombang cahaya dalam pencitraan satelit ini juga memudahkan penampakan asap dan gas yang tersembur dari lokasi tersebut.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Al-Furqan Islamic Centre Hentikan Operasinya di Melbourne

Berita Terkait