Alokasikan THR dengan Bijak, Sisakan untuk Membeli Hunian Impian

Jumat, 16 April 2021 – 13:07 WIB
Rumah.com. Foto Instagram/rumahcom

jpnn.com, JAKARTA - Country Manager Rumah.com Marine Novita menyarankan bagi para pekerja yang akan mendapatkan tunjangan hari raya (THR), sebaiknya sudah merencanakan untuk menggunakan dana tambahan tersebut secara bijak.

Seperti pada bulan Ramadan saat ini, biasanya masyarakat sudah menunggu kucuran THR dari perusahaan tempat mereka bekerja.

BACA JUGA: Seyven Hadirkan Teknologi Pintar Guna Memudahkan Penghuni Rumah

“THR juga bisa digunakan secara bijak untuk hal lain yang bermanfaat dalam jangka panjang, seperti menambah tabungan dan investasi, dana darurat ataupun juga bisa untuk membeli rumah misalnya. Apalagi menurut studi Rumah.com, saat ini adalah kondisi termudah untuk membeli rumah,” jelas Marine.

Dengan besaran THR yang bisa mencapai sebesar satu bulan gaji penuh tersebut, maka sangat potensial dialokasikan sebagai dana tambahan untuk uang muka pembelian rumah.

BACA JUGA: Salah Lirik Lagu, Iis Dahlia Panen Hujatan dari Warganet

Namun, sebelum mengalokasikan THR untuk dana tambahan membayar Down Payment (DP) rumah, sebaiknya sudah mengetahui pengeluaran riil tahunan lebih dulu.

Sehingga THR bisa digunakan untuk membantu membayar DP rumah, asalkan sudah dikurangi dari kebutuhan pengeluaran riil tahunan tersebut.

BACA JUGA: Sambut Perubahan Era Baru, BFI Connect Hadirkan 4 Layanan Utama

Menurut Marine, menyisihkan THR sebagai pembayaran DP rumah adalah langkah yang tepat dan bijak karena memprioritaskan penggunaan uang untuk hal yang merupakan kebutuhan bukan sekedar keinginan.

Apalagi harga rumah maupun hunian lainnya selalu naik setiap tahunnya, di mana kenaikan harganya lebih tinggi dari inflasi.

Nah, agar bisa menyisihkan dana THR yang diterima setahun sekali sebagai DP untuk membeli rumah impian, kalian bisa membuat simulasi perhitungan.

Contohnya, dari 100 persen dana THR, 30 persennya bisa dipakai untuk memenuhi kebutuhan dan membiayai pengeluaran bulanan.

Kemudian 30 persen dana THR lainnya dapat digunakan untuk keperluan menyambut lebaran.

Sehingga sisa 40 persen dari dana THR dapat disimpan untuk mengumpulkan DP rumah.

Namun jika jumlah THR-nya terbatas dan ingin mewujudkan rencana membeli rumah, maka rayakan lebaran dengan sehemat mungkin.

Setelah memperkirakan berapa dana THR yang bisa disisihkan untuk membeli rumah, kalian sebaiknya mulai mencari daerah hunian yang akan diincar dan menyesuaikan dengan kemampuan finansialnya.

Marine juga mengingatkan, sebelum mengambil keputusan membeli rumah, para pencari hunian bisa mempelajari dulu panduan pembelian rumah dengan mengunjungi www.rumah.com/panduan.

Di dalamnya terdapat panduan lengkap, mulai dari cara mengumpulkan uang untuk uang muka, memilih cicilan yang ideal, hingga menemukan lokasi hunian terbaik.

Pengguna Rumah.com bisa mempelajari panduan cara perhitungan THR sesuai ketentuan dan melakukan simulasi perhitungan besaran plafon KPR yang bisa didapat melalui website Rumah.com.

"Mencari hunian terutama bagi pembeli rumah pertama bukanlah keputusan yang mudah, namun Rumah.com menyediakan beragam informasi yang dapat membantu konsumen mengambil keputusan dengan lebih percaya diri,” tukas Marine.(chi/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

BACA ARTIKEL LAINNYA... Carmelita Hartoto: Tidak Perlu ada Pelarangan Mudik 2021, Tetapi..


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Rumah   rumah.com   membeli rumah   THR   Hunian  

Terpopuler