Alumni PPSA 22 Lemhanas RI Donasi Buku untuk Masyarakat

Senin, 17 Oktober 2022 – 12:54 WIB
Para alumni PPSA 22 Lemhannas RI Angkatan 2019. Foto: dok IKAL

jpnn.com, JAKARTA - Para alumni PPSA 22 Lemhannas RI Angkatan 2019 mengadakan reuni pertama kali di Ruang Serbaguna Perpustakaan Nasional Lantai 4, Jakarta Pusat, Sabtu (15/10).

Peserta PPSA 22 Lemhannas RI Tahun 2019 itu berjumlah 80 orang yang berasal dari berbagai profesi.

BACA JUGA: Dilatih oleh Lemhanas, Japnas Belajar Nilai-Nilai Kebangsaan untuk Perekonomian

Di antaranya perwira tinggi dari TNI AD 16 orang, TNI AL 8 orang, TNI AU 6 orang, Polri 15 orang.

Peserta dari kementerian berjumlah 19 orang, Kopertis 5 orang, Kadin Indonesia 3 orang, organisasi masyarakat 5 orang, dan tokoh masyarakat 3 orang.

BACA JUGA: Gubernur Lemhanas Apresiasi Kolaborasi Kementan dan Kemendag dalam Jaga Pangan

Para peserta mempelajari banyak hal di Lemhanas di antaranya terkait pemantapan pemahaman empat konsensus dasar bangsa yaitu, Pancasila, UUD Negara Republik Indonesia 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhineka Tunggal Ika, juga Paradigma Nasional Wawasan Nusantara dan Ketahanan Nasional.

"Kami PPSA 22 Tahun 2019 belajar 5,5 bulan dari Maret sampai dengan September 2019 di Lemhannas RI. Kami berasal dari TNI, POLRI, ASN, akademisi, dunia usaha, pemuka agama, tokoh masyarakat. Dari masing-masing peserta diharapkan dalam pekerjaan dan pengabdiannya tumbuh sinergi di antara para peserta didik bagi negeri mewujudkan ketahanan nasional," kata Ketua Panitia reuni Brigadir Jenderal TNI Wirana Prasetya Budi.

Setelah menempuh pendidikan selama 5.5 bulan tersebut, tiga tahun kemudian para peserta berjumpa kembali dalam acara reuni tersebut.

Rinawati Prihatingsih, salah seorang alumni PPSA 22 yang dikirim dari KADIN Indonesia mewakili dunia usaha mengapresiasi reuni tersebut.

Dia mengatakan pada reuni kali ini, diangkat tema 'Siap Sinergi Bagi Negeri' dengan fokus kolaborasi mendukung akselerasi literasi.

"Berdasarkan survei yang dilakukan Program for International Student Assessment (PISA) yang dirilis Organization for Economic Co-operation and Development (OECD), tingkat literasi Indonesia perlu terus ditingkatkan, karena saat ini berdasarkan nilai kompetensi membaca, Indonesia berada dalam peringkat 72 dari 77 negara. Kami tergugah untuk mendorong kompetensi membaca melalui dukungan donasi buku dari para alumni,” tutur Rinawati yang juga pemilik dan Chief Operating Officer/COO PT Infinitie Berkah Energi.

Pada kesempatan yang sama Ketua Ikatan Keluarga Alumni Lemhannas (IKAL) 22, Mayor Jendral TNI (Mar) Nur Alamsyah menambahkan melalui gerakan donasi buku, diharapkan bisa mendorong dan membangun budaya gemar membaca guna peningkatan kualitas SDM.

Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) KSAL itu mengatakan kegiatan tersebut perlu dukungan seluruh elemen bangsa.

Oleh karena itu, dalam rangkaian reuni ini, IKAL 22 mengajak seluruh elemen alumni Lemhannas PPSA 22 untuk donasi buku ditujukan bagi masyarakat khususnya di wilayah terdepan, terluar dan tertinggal untuk memperoleh informasi dan pengetahuan yang berkualitas.

"Pada saat yang sama, kami juga mendoakan saudara kami Marsdya TNI, Ir. Novyan Samyoga., M.M. yang telah meninggal dunia karena sakit pada hari Senin, 3 Oktober 2022," ujarnya.

Masih di tempat yang sama, Kepala Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas) Muhammad Syarif Bando yang juga alumni PPSA 22 menyatakan membuka perpusnas sebagai tempat ajang reuni.

Dia menyambut baik dukungan IKAL 22 terkait program akselerasi literasi sejalan dengan program Perpusnas.

“Saat ini Perpusnas tengah mendorong gerakan literasi untuk memperbaiki kesejahteraan rakyat. Perpustakaan Nasional RI sejak tahun 2018 lalu, menyelenggarakan kegiatan Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial," katanya.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program prioritas nasional 2020 – 2024 yang bertujuan memperkuat peran perpustakaan umum dalam meningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia yang unggul melalui peningkatan kemampuan literasi demi mewujudkan Indonesia Maju. (flo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler