Alumnus SEA Games Bukan Jaminan

Tentukan Skuad Asian Games 2014 Hari Ini

Selasa, 18 Februari 2014 – 06:50 WIB
Aji Santoso. Foto: Guntur A/Jawa Pos/dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Misi Indonesia untuk mengejar prestasi sepak bola level Asia dimulai hari ini. Itu ditandai dengan bakal diumumkannya ke-28 nama pemain yang bakal menghiasi komposisi skuad asuhan Aji Santoso tersebut untuk pelatnas tahap pertama. Nama-nama pemain alumnus SEA Games 2013 lalu diprediksi kembali jadi pilihan.

 

Pasalnya, dari 23 pemain di SEA Games lalu, separonya masih berusia di bawah 23 tahun, dan masih layak untuk masuk dalam skuad timnas Indonesia untuk tampil dalam multievent yang akan dilangsungkan di Incheon, Korsel, September-Oktober nanti.

BACA JUGA: Utang Besar pada Guardiola

Hanya, alumunus peraih medali perak itu tidak akan dijamin bisa lolos saringan hingga Asian Games nanti. Hal tersebut diungkapkan Aji kepada Jawa Pos, kemarin (17/2).
     
Menurut Aji, seluruh pemain yang dipanggil, entah itu yang sebelumnya memperkuat timnas SEA Games 2013 ataupun yang masih benar-benar baru dipanggil, semuanya punya peluang yang sama. Tidak peduli apakah Aji sudah kenal dekat skill pemain yang bersangkutan atau tidak.
     
Bersama dengan pemain yang lolos dalam pemantauan tim pelatih, sisa amunisi SEA Games dengan usia di bawah 23 tahun tetap dibawa. "Ya pokoknya kami panggillah. Yang jelas dari 28 pemain masih ada degradasi. Pemain dari SEA Games pun akan kami lihat lagi perkembangan dia seperti apa," ujarnya.
    
Pelatih asal Malang ini memang belum mau membuka identitas siapa nama-nama pemain yang akan masuk dalam komposisi awalnya nanti. Hanya, jika dilihat dari daftar skuad timnas U-23 di SEA Games lalu, setidaknya ada 13 pemain yang masih menapak di usia maksimal 23 tahun pada bulan September-Oktober.
    
Salah satunya Andik Vermansah. Aji menyebut dalam pemusatan latihan nanti akan ada tujuh kali pertemuan hingga turun di Asian Games. Nah, dalam beberapa kali pertemuan itulah akan jadi masa bagi pemain yang dia panggil untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya.

BACA JUGA: Perubahan Jadwal Arema Cronous di Piala AFC

"Jika dia sesuai dengan cara main yang diinginkan pelatih, ya akan kami beri kesempatan. Yang pasti semua harus maksimal jika mau mendapatkan kepercayaan masuk di timnas Asian Games ini," bebernya.
    
Rencananya, penentuan nama pemain tersebut akan berbarengan dengan pembahasan program dari Badan Tim Nasional (BTN) dan tim High Performance Unit (HPU). "Selain membahas soal pemain, juga akan dibahas bagaimana pemusatan latihannya nanti," ungkap Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Joko Driyono, di Jakarta.
    
Selain program latihan, dalam pertemuan itu nanti juga akan ditentukan bagaimana rencana pertandingan uji coba bagi Garuda Muda untuk mengasah sebelum terjun ke Asian Games.

"Itu akan kami lakukan pada 6 Maret mendatang. Untuk siapa lawannya, itu akan kami tentukan besok (hari ini, Red)," pungkasnya. (ren/ko)

BACA JUGA: Bayern Tolak Latihan di London

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Aguero tak Perkuat City Saat Menjamu Barcelona


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler