Amankan Olympiade, Pasang Roket di Atap Apartemen

Minggu, 29 April 2012 – 15:45 WIB

LONDON - Pemerintahan Inggris tidak main-main dalam mempersiapkan pelaksaanaan Olimpiade London yang berlangsung selama Juli – Agustus nanti. Demi antisipasi terhadap serangan teroris lewat udara, militer di negeri Ratu Elizabeth itu  dikabarkan akan menempatkan sejumlah rudal anti-serangan udara di sebuah gedung apartemen di daerah Bow, timur London.

“Pemerintah akan mengaktifkan sistem pertahanan udara berbasis daratan sebagai bagian rencana keamanan berlapis untuk menghadapi Olimpiade,  selain tentunya penggunana jet tempur dan helicopter,” ucap seorang juru bicara Kementrian Pertahanan Inggris dalam suatu pernyataan pers Sabtu (28/4).

“Kami sudah menetapkan beberapa lokasi dan sedang berbicara dengan pejabat setempat dan para pemilik lahan mengenai penempatan rudal tersebut,” katanya.
 
Kepada para penghuni bangunan apartemen yang dipilih menjadi lokasi penempatan sistem rudal, kementrian pertahanan Inggris melalui selebaran menyebut bahwa rudal-rudal canggih tersebut akan disiagakan di atap gedung selama dua bulan. Tidak hanya itu, 10 orang tentara juga akan disiagakan untuk menjaga dan mengoperasikan sistem persenjataan tersebut.

“Dengan penjagaan  tentara dan personel polisi selama 24 jam setiap harinya, lingkungan tempat tinggal anda akan semakin aman dan tidak akan menjadi target serangan teroris,” tulis selebaran tersebut,  sebagaimana dilaporkan AFP Minggu (29/4).

Namun bukannya membuat tenang, beberapa penghuni di blok apartemen tersebut malah dilaporkan kesal dengan kebijakan tersebut. Sebagian dari para penghuni merasa tersinggung karena merasa menjadi korban kesewenang-wenangan. 

Brian Whelan, seorang jurnalis yang juga merupakan penghuni apartemen mengatakan, pemerintah sama sekali tidak mengkonsultasikan rencana itu. “Mereka mengumumkan rencana ini seperti mengumumkan kalau saya telah memenangkan suatu hadiah. Ini semua penghinaan,” katanya.  

Secara keseluruhan, lebih dari 40,000 aparat keamanan dan sejumlah besar operasi intelijen akan ditugaskan menjaga semua tempat pertandingan, para atlit dan penonton yang akan meramaikan even empat tahunan yang berlangsung tanggal 27 Juli sampai 12 Agustus nanti. (afp/ara/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Pengawal Obama Sering Gunakan PSK Mancanegara


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler