Ambil Keuntungan Uji Coba Terakhir

Kamis, 26 April 2012 – 08:09 WIB
Valentino Rossi. Foto: APPhoto/Antonio Calanni

JEREZ - Hasil buruk di MotoGP Qatar tiga pekan lalu membuat Valentino Rossi gusar dengan performa Ducati. Untuk pertama kalinya dia melontarkan kritik pada timnya di media. Jelang balapan di Jerez, Spanyol akhir pekan ini, Rossi kembali mendinginkan suasana di garasi timnya.

Rossi mengalami banyak masalah saat akhir pekan di Losail, Qatar. Pemilik tujuh gelar juara dunia itu mengakhir sesi kualifikasi di posisi ke-12 atau yang terakhir di antara tim-tim dengan motor pabrikan. Rossi pun mengakhiri balapan di posisi kesepuluh.

Namun, bukan lagi kekecewaan yang menguasai Rossi jelang akhir pekan di Jerez.  Penyebabnya hasil uji coba preseason yang dilakukan di sirkuit yang sama Maret lalu. Saat itu Rossi berada di posisi keenam dan hanya tertinggal satu detik dari pembalap tercepat Casey Stoner (Repsol Honda).

Motivasi tambahan dibawa Rossi menuju Jerez. Dia masih menyandang predikat sebagai pembalap tersukses di sirkuit 4,423 km tersebut. Dia sudah delapan kali menang, termasuk di antaranya enam kali di kelas premier.

Kali ini Rossi mengaku timnya telah menemukan setting yang memuaskan untuk motornya. Ducati memang belum bisa menemukan setting motor terbaik untuk para pembalapnya. Di Losail, Rossi kalah dari rekan setimnya Nicky Hayden juga pembalap tim satelit Pramac Ducati Hector Barbera.

Masalah handling masih menjadi isu utama penghalang Rossi di awal musim 2012 bersama Desmosedici GP12. Jika mengacu pada hasil uji coba Maret di Jerez, masalah tersebut bisa dituntaskan.

"Pada akhir tes tiga hari di bulan Maret, kami telah menemukan setting yang memuaskan untuk GP12, jadi kami memiliki dasar untuk membuat awal di lintasan ini (Jerez) sekaligus mempersiapkan motor untuk balapan," ungkap Rossi, seperti dikutip Autosport.

Dengan modal tersebut, Rossi dan timnya sudah bisa langsung fokus sejak sesi latihan Jumat. "Akan sangat penting untuk bekerja dengan baik selama hari Jumat dan Sabtu di sesi latihan, berfokus pada mempertahankan arah yang baik dan mengambil keuntungan dari apa yang kami kerjakan saat ini," tambahnya.

Manajer tim Ducati Vittoriano Guareschi sepakat dengan pernyataan Rossi. Mereka akan semaksimal mungkin mengambil keuntungan dari data yang didapat dari uji coba Maret.

"Kami akan menghadapi kondisi (lintasan) yang sama setelah sebulan lalu. Dengan mengambil keuntungan dari yang kami lakukan Maret lalu, kami akan fokus membantunya mendapatkan rasa yang nyaman," ujar Guareschi. (ady)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Munchen Kuburkan Madrid di Barnabeu


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler