Amien Rais Syok Berat? Tak Ada Itu, Ngawur!

Jumat, 21 September 2018 – 00:34 WIB
Amien Rais. Foto: Charlie Lopulua/Indopos/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Namanya Tribunnow.site. Blog yang satu ini berpotensi memperkeruh situasi politik. Yang tidak paham bisa saja mengiranya bagian dari portal berita Tribunnews. Sebab, mereka sengaja menggunakan logo ’’Tribun’’ di bagian header.

Salah satu tulisan di situs itu dibuat untuk menyerang pihak tertentu. Judulnya 10 Kepala Daerah di Sumbar Deklarasi Dukung Jokowi, Amien Rais Syok Berat.

BACA JUGA: Bamsoet Minta Aparat Sikat Akun Robot Penyebar Hoaks

Khas blog-blog yang bekerja sebagai publisher iklan online, judul tulisan itu sengaja dibuat clickbait. Tujuannya, banyak yang mengeklik.

Kalau Anda ingin menemukan informasi tentang Amien Rais shock karena 10 kepala daerah di Sumber mendukung Jokowi, jangan sekali-kali mengeklik tulisan di atas. Sebab, di tulisan itu sama sekali tak ada penjelasan mengenai Amien Rais shock.

BACA JUGA: Jangan Sebar Hoaks dan Ujaran Kebencian Jelang Pilpres 2019

Tulisan itu hanya hasil copy paste dari berita portal Kompas.com yang berjudul 10 Kepala Daerah di Sumbar Deklarasi Dukung Jokowi.

BACA JUGA: PDIP Apresiasi Penangkapan Anggota FPI Penyebar Hoaks

Berita tersebut berisi tentang dukungan 10 kepala daerah di Sumatera Barat untuk Jokowi. Dukungan itu disampaikan di Hotel Ina Muara Padang, Selasa (18/9).

Hampir semua tulisan di situs Tribunnow mengambil berita-berita dari portal berita mainstream. Bahkan, ada yang mengambil tulisan dari situs opini Seword.

Tulisan itu berjudul Prabowo Suka Sudutkan Jokowi, Faisal Basri Geram Beri Tanggapan Tegas Prabowo yg Suka Sebut Indonesia Dikuasai Asing. Pernyataan Faisal Basri di situs itu sebenarnya berasal dari tulisan di blog pribadi Faisal.

Tak tergambar kegeraman Faisal Basri dalam tulisan di blognya. Hanya di bagian lead, Faisal menulis ’’Salah satu isu panas yang hampir selalu mengemuka menjelang pemilihan umum adalah sentimen antiasing. Gejala xenophobia pada umumnya terkait dengan privatisasi badan usaha milik negara (BUMN) dan penguasaan sumber daya alam.’’

Memang tak dapat dielakkan, calon presiden Prabowo Subianto kerap menyuarakan isu soal investasi asing. Tapi, Faisal Basri tidak secara eksplisit menyebut Prabowo dalam tulisannya.

Agar lebih afdal, Anda bisa membaca sendiri tulisan Faisal Basri. Kami menyiapkan link pendeknya agar Anda mudah membacanya: bit.ly/BlogFaisalBasri.

Dari pengecekan Jawa Pos, Tribunnow.site sebenarnya merupakan situs yang dibuat dengan memanfaatkan layanan blogspot. Agar terlihat profesional, pengelolanya membeli domain dengan ekstensi .site. Jadi, tidak menggunakan domain gratisan seperti kebanyakan situs abal-abal.

Ekstensi domain .site diluncurkan pada 2015. Belakangan, situs jual beli domain kerap memberikan promo untuk registrasi domain berekstensi .site. Rata-rata harga tahun pertamanya USD 2,99. Jadi, cukup murah untuk dibeli, lalu dibuat situs yang isinya menyebarkan hoaks atau hasutan. Berdasar data dari who.is, domain Tribunnow diregistrasikan pada 2 September 2018.

Situs Tribunnow.site mungkin dibuat untuk menjalankan bisnis sebagai publisher iklan. Sebab, iklan online di situs itu berjibun. Di satu halaman ada empat iklan. Tiga di antaranya berasal dari Google Ads.

Satu lagi dengan gambar cukup mencolok dari Adnow. Yang pasti, domain Tribunnow.site tidak ada dalam jaringan Tribunnews.com. (gun/c19/fat)

Fakta

Situs Tribunnow.site tidak berkaitan dengan portal berita Tribunnews. Situs itu berisi tulisan-tulisan hasil copy paste berita sejumlah portal berita mainstream.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Relawan Prabowo dan Anggota FPI Dibekuk Karena Sebar Hoaks


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Amien Rais   hoaks  

Terpopuler