AMM Anggap Demokratisasi Indonesia Konstribusi Pers

Sabtu, 08 Februari 2014 – 18:35 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Bagi Calon Presiden Konvensi Partai Demokrat Ali Masykur Musa, pers adalah salah satu pilar penting dalam tegaknya demokrasi di Indonesia. Menurutnya, apa yang diperjuangkan oleh pers, sama dengan prinsip negara, yakni demokrasi, rule of law, dan social welfare.

"Kemerdekaan berekspresi yang juga berarti kebebasan pers merupakan komitmen pertama yang ada di dalam UUD 1945, bahkan menjadi kalimat pertama dalam pembukaan. Bertolak dari UUD tersebut, pers mempunyai peran kebangsaan yang tidaklah kecil,” ujar Ali saat memberikan pendapat tentang Hari Pers Nasional, Jakarta, Sabtu (8/2).

BACA JUGA: Pemerintah Dianggap Lembek Perangi Narkoba Internasional

Mendekati masa transisi pemerintahan ini, kata Ali, peran pers sangatlah besar, terutama untuk menciptakan kebebasan masyarakat yang teratur (social order). Kata dia, dengan semakin berkualitasnya pers, maka upaya membangun demokrasi yang berkeadilan sosial dalam suasana yang aman, tertib, dan damai bisa mudah terlaksana. "Sebab, masyarakat mendapatkan mutu pemberitaan yang terjamin," lanjut tokoh muda NU ini.

Oleh karena itu, lanjut Cak Ali, sebagai salah satu dari pilar demokrasi, pers harus terus didukung untuk meningkatkan profesionalisme. 

BACA JUGA: Gusdurian Ramaikan Mukernas PPP

"Untuk mencerdaskan bangsa seperti yang diamanatkan oleh konstitusi, saya mendukung penuh perjuangan pers untuk menciptakan pers yang bebas, profesional, dan sejahtera. Bukan jamannya lagi pers diintervensi oleh kepentingan penguasa atau pemilik modal. Pers berjuang untuk kecerdasan dan kemandirian masyarakat," pungkas Anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI ini. (mas/jpnn)

BACA JUGA: Desak Ada Aturan Jelas Atur Honorer K2 Gagal

BACA ARTIKEL LAINNYA... Diimbau Ikut Tes CPNS 2014, Honorer K2 Malah Galau


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler