Anak -Anak Bisa Memakai Krim Sunscreen, Ini Syarat Penggunaannya

Senin, 24 Juni 2024 – 23:16 WIB
Beri lotion sunscreen untuk perlindungan kulit anak. Ilustrasi. Foto: dok MSKIDS

jpnn.com, JAKARTA - Orang tua disarankan untuk memberikan sunscreen pada anak yang sering beraktivitas luar ruangan.

Sunscreen penting karena kulit anak-anak jadi lebih sensitif dan mudah rusak akibat efek paparan sinar UV matahari.

BACA JUGA: 7 Sunscreen SPF 50 Terlaris di 2024

Tanpa perlindungan sunscreen yang maksimal, anak berpotensi terkena sunburn (kulit terbakar), dan efek panjangnya yaitu risiko kanker kulit serta penuaan dini di masa depannya bisa meningkat.

Lapisan kulit anak-anak lebih tipis dibanding orang dewasa. Jika tidak mendapatkan proteksi yang cukup, maka biasanya anak-anak akan mengalami tanda-tanda kerusakan kulit seperti iritasi, kemerahan, kering, dan muncul bintik-bintik atau bercak.

BACA JUGA: Amaterasun Physical Sunscreen Aman Dipakai Anak-Anak Hingga Dewasa

Di samping itu, bahaya sinar matahari ekstrem bisa memicu demam yang berpengaruh buruk pada sistem kekebalan tubuh anak.

Nah, oleh karena itu, perlindungan UV dari sunscreen sangat bermanfaat mencegah kerusakan sel-sel kulit anak.

BACA JUGA: Radiasi UV Picu Kanker Kulit, Jangan Salah Pilih Produk Sunscreen

Untuk menangkal dampak negatif dari sinar UV, penting bagi orang tua agar rutin mengoleskan sunscreen untuk anak.

Namun, orang tua harus tahu bagaimana cara memilih produk sunscreen yang tepat, beserta saran penggunaannya:

1. American Academy of Dermatology (AAD) merekomendasikan penggunaan sunscreen untuk semua jenis kulit, baik yang putih maupun yang lebih gelap. Orang tua bisa memberi sunscreen yang aman dan efektif untuk anak-anak dengan SPF minimal 30. Kadar 30 SPF itu bisa memberikan perlindungan spektrum luas (UVA dan UVB), dan juga water resistant atau tahan air dalam rentang waktu 40-80 menit.


2. Orang tua juga harus memerhatikan formula sunscreen untuk anak. Tabir surya yang aman bagi anak adalah physical sunscreen dengan kandungan zinc oxide dan titanium dioxide. Kombinasi bahan aktif ini bekerja dengan cara memantulkan sinar UV, sehingga aman untuk kulit sensitif anak.


3. Jangan lupa cek kembali apakah sunscreen tersebut bebas dari bahan-bahan yang bisa menyebabkan iritasi atau alergi, seperti oxybenzone dan paraben (bahan pengawet). Sebab, kedua bahan termasuk chemical sunscreen yang menyerap sinar UV dan mengubahnya menjadi panas, kemudian dilepaskan dari kulit.


Adapun beberapa alternatif bahan alami seperti minyak kelapa, minyak zaitun, dan minyak raspberry yang mampu melindungi kulit. Namun, semua bahan tersebut memiliki SPF alami yang sangat rendah.

Artinya, physical sunscreen tetap jadi tabir surya yang paling efektif untuk anak. Selain menggunakan sunscreen, terdapat cara lain untuk melindungi anak dari sinar UV, yaitu dengan memakaikan pelindung seperti topi lebar, kacamata hitam, dan baju lengan panjang. 

Rekomendasi Sunscreen Aman untuk Anak

Salah satu rekomendasi produk terbaik sunscreen anak ialah Sunbae SPF30 PA+++ dan Sunhero SPF50 PA+++ dari MSKIDS.

Kedua tabir surya ini termasuk physical sunscreen yang bahannya didatangkan langsung dari Amerika.

Poin plusnya, tabir surya ini tak hanya diformulasi dengan zinc oxide dan titanium dioxide, tetapi juga diperkaya dengan bahan natural seperti aloe vera, shea butter, dan ekstrak tumbuhan herbal calendula serta chamomile. 

Dua sunscreen ini tidak menyebabkan perih di mata, bebas dari kandungan parfum, sudah diuji efektivitasnya oleh dokter kulit, serta mencegah anak dari risiko alergi.

Cara penggunaan:

1. Aplikasikan sunscreen sekitar 15-30 menit sebelum anak keluar rumah agar krim sempat meresap dan memberikan proteksi yang optimal, terutama pada bagian tubuh yang terbuka. Oleskan di area telinga, tangan, kaki, bahu, dan belakang leher.

2. Balurkan kembali sunscreen setiap 2-3 jam. Namun, ketika anak berkeringat atau basah selepas berenang, frekuensi reapply bisa ditingkatkan menjadi setiap 40 menit (untuk SPF 30), atau setiap 80 menit (untuk SPF 50).

3. Anak tetap memerlukan perlindungan UV selama musim dingin atau hari mendung, karena sinar UV dapat menembus awan dan menyebabkan kerusakan kulit. Oleh karena itu, sebisa mungkin penggunaan sunscreen tidak boleh terlewatkan.

4. Beri contoh pada anak dengan rutin menggunakan sunscreen sendiri, agar menjadi terbiasa. Makin dewasa, anak akan memahami konsep penting dari manfaat tabir surya. Perlindungan dari sinar UV adalah investasi jangka panjang untuk kesehatan anak.

Kunjungi website MSKIDS untuk mendapatkan sunscreen dari Sunbae SPF30 PA+++ (untuk 6 bulan ke atas) dan Sunhero SPF50 PA+++ (untuk 3 tahun ke atas).  (flo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler