Ketika beranjak dewasa, anak-anak cenderung meniru perilaku mengemudi kendaraan yang dilakukan orang tuanya. Karena itu, kini di Victoria, Australia, sedang digalakkan kampanye yang menyasar perilaku berkendara di kalangan orang tua.

Traffic Accident Commission (TAC), lembaga yang berwenang mengurusi kecelakaan lalu-lintas, melancarkan kampanye baru yang menghubungkan antara tingkah laku berkendara yang dilihat anak-anak dengan apa yang akan mereka lakukan ketika dewasa.

BACA JUGA: Di Australia Barat, Warga Usia 100 Tahun Digratiskan Sewa Rumah

Ini didasarkan pada penelitian internasional yang menunjukkan bahwa anak usia 5-12 tahun yang melihat para pengemudi 'berbahaya', sering kali kemudian akan mengemudi dengan cara berbahaya juga ketika dewasa.

Iklan kampanye ini akan dipasang di berbagai tempat di negara bagian Victoria mulai Rabu (8/4/2015) dengan poster menunjukkan seorang anak laki-laki mencontoh perilaku mengemudi berbahaya ketika duduk di bangku belakang.

BACA JUGA: Dalam Sehari, Sumbangan Jumat Agung di Melbourne Capai Rp 170 Miliar

Juru bicara TAC Joe Calafiore mengatakan bahwa anak-anak berusia di bawah 12 tahun sangat terpengaruh oleh tingkah laku orang tua mereka.

"Kita tidak bisa meremehkan pentingnya pengaruh orang tua," katanya.

BACA JUGA: Memanfaatkan Kulit Bekas Menjadi Tas dan Aksesoris

"Anak-anak kita selalu memperhatikan tingkah kita, baik kita sadari atau tidak, dan inilah maksud sebenarnya dari kampanye terbaru ini," tambah Calafiore.

Kampanye ini diharapkan akan mengurangi jumlah pria dewasa muda yang terlibat dalam kecelakaan di jalanan di Victoria.

Menurut TAC, di tahun 2014, hampir seperlima (20 persen) pengendara yang tewas di jalanan Victoria berusia antara 18-25 tahun.

Kampanye TAC mengenai anak-anak yang akan mengikuti perilaku orang tua mereka termasuk dalam hal mengemudi. (TAC )

 

Padahal pengemudi usia muda ini hanya 14 persen dari keseluruhan mereka yang memiliki SIM di Victoria.

Menteri Urusan Jalan Luke Donellan mengatakan pengemudi yang agresif, suka ngebut atau membahayakan orang lain merupakan ancaman bagi yang lain.

"KIta berusaha mengkampanyekan agar orang tua mengkonsentrasikan diri pada perilaku mereka sendiri, ketika mereka mengemudi, mereka melakukan hal yang benar," kata Donellan.

"Ini juga  kemudian mencoba membuat anak-anak melihat perilaku baik dari orang tua mereka, sehingga mereka berperilaku baik di jalanan."

 Fakta mengenai pengemudi muda di Victoria:24 pengemudi berusia 18-25 tewas di tahun 201475 persen adalah laki-laki71 persen tewas di jalanan luar kota (country roads)63 persen tewas dalam kecelakaan yang melibatkan satu mobil.75 persen terlibat dalam kecelakaan yang terjadi ketika masa konsumsi alkohol tinggi.67 perseen tewas di jalan yang memiliki tanda kecepatan 100 km/perjam.Sumber : TAC

BACA ARTIKEL LAINNYA... Satu Lagi Rumah Tahanan Imigrasi di Darwin Resmi Ditutup

Berita Terkait