Anak Petani Lulus jadi Taruna AAL Hanya Modal Rp 10 Ribu

Senin, 13 November 2017 – 00:12 WIB
Indra Koto (kanan) dan Ilham Satria Nanda, dua taruna AAL asal Sumbar saat menghadiri jamuan makan malam di Istana Gubernuran Sumbar, Kamis malam (9/11). Foto: Ryan Darmawan/Padek/JPNN.com

jpnn.com - Berbekal semangat dan tekad besar, sejumlah anak muda asal Sumatera Barat (Sumbar) mereka berhasil lulus menjadi taruna Akademi Angkatan Laut (AAL). Mereka lahir dari keluarga sederhana, yang tidak gampang menyerah menggapai cita-cita

Laporan: Putra Susanto, Padang

BACA JUGA: KRI Bima Suci Merapat di Teluk Bayur, Sungguh Membanggakan

Tahun 2015 lalu, seorang anak petani kelapa dari Kabupaten Padangpariaman, berjalan penuh semangat mendatangi markas komando Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) II di Teluk Bayur Padang. Ia menenteng ijazah SMA.

Anak petani ini bertekad ikut bersaing dengan ribuan anak muda di tanah air yang mendaftar menjadi taruna AAL.

BACA JUGA: KRI Bima Suci Disambut Meriah Masyarakat Padang

Dia adalah Indra Koto, putra Barang-Barangan Nagari Malai V Suku, Kecamatan Batang Gasan, Padangpariaman.

Bermodal semangat menggapai cita-citanya, Indra bersama 14 putra Minang lainnya di Bumi Andalas, lulus tes dan diberangkatkan ke Magelang mengikuti pendidikan calon tentara (werving) TNI.

BACA JUGA: Mana Janji Jokowi Makmurkan TNI?

“Pendidikan werving TNI ini merupakan gabungan semua matra; angkatan darat, laut dan udara. Jadi pendidikannya tidak terfokus pada angkatan laut saja kala itu,” ungkap Indra berbincang dengan Padang Ekspres (Jawa Pos Group) di Auditorium Istana Gubernuran Sumbar pada jamuan makan malam taruna AAL oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Kamis (9/11).

Setelah merasakan asam garam proses pendidikan, akhirnya 10 dari 15 anak muda yang melamar di Sumbar dinyatakan lulus menjadi anggota TNI.

Rinciannya, 1 orang lulus angkatan laut yakni Indra Koto, 6 orang lulus angkatan darat dan 3 orang lulus angkatan udara.

“Saya tidak menyangka. Hingga hari ini , masih belum percaya bahwa saya sekarang telah menjadi bagian TNI AL. Menjadi satu-satunya taruna muda yang lahir di tanah Malai V Suku. Saya merasa bangga bisa lulus menjadi bagian dari TNI AL,” kata putra pasangan Farida dan Kena itu.

Perasaan itu wajar. Sebab pria kelahiran 20 Maret 1996 itu dua tahun lalu masih banting tulang menolong ayahnya bertani kelapa. Sekarang, Indra berdiri dengan gagah dan bangga mengenakan baju kebesaran angkatan laut.

Ketika ditanya berapa uang yang dihabiskannya hingga lulus masuk AAL, Indra langsung menyebut hanya sekitar Rp 10 ribu.

“Hanya sebanyak itu uang yang saya habiskan untuk masuk AAL. Itupun untuk membeli amplop berkas lamaran dan biaya fotokopi saat mendaftar di Mako Lantamal II Padang,” bebernya.

Menurutnya, masuk TNI tidak butuh uang banyak. “Jika kita serius hendak menggapai cita-cita, maka nasib bisa diubah dengan berbekal semangat pantang menyerah dan tekad baja yang diiringi doa,” katanya.

Alumni SMA 1 Batang Gasan itu saat ini masih menjalani latihan ketarunaan dengan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Bima Suci.

Rabu (8/11) lalu, dia bersama komandannya dan taruna AAL menginjakkan kaki di ranah Minang setelah menghabiskan waktu hampir dua bulan berlayar mengarungi Samudera dengan kapal tersebut.

Selama berlayar, tak sedikit suka-duka yang dihadapinya. Mulai dari menerjang badai hingga menaklukkan gelombang besar lautan yang mengadang. Melawan cuaca dingin dan panas sudah jadi santapan biasa.

Dia bersama rekan-rekannya selalu siaga menghadapi segala ancaman yang datang dari berbagai sisi, terutama saat melintasi Samudera Afrika yang terkenal dengan keganasan perompak Somalia.

Namun demikian, Indra juga bisa bersuka-cita bersama taruna lainnya menghabiskan malam di laut lepas.

Beranjak dari satu dermaga untuk mengejar pelabuhan lain di sejumlah negara yang disinggahi.

KRI Bima Suci yang membawa Indra dan taruna lainnya bertolak dari Vigo Spanyol 18 September 2017. Kapal KRI yang dikapteni Letkol Laut (P) Widyatmoko Baruno Aji itu lalu menuju Civitavecchia Italia.

Kemudian, berangkat lagi ke Port Said, Mesir, melewati Jeddah Arab Saudi, Colombo Srilanka. Setelah itu, baru merapat di Pelabuhan Teluk Bayur, Padang.

“Selama perjalanan itu berbagai hal kami alami. Kami disambut ramah oleh masyarakat dari negara yang disinggahi. Bahkan, saat sampai di Jeddah, Arab Saudi, setiap taruna dan taruni yang beragama Islam diajak untuk menunaikan ibadah umrah oleh pemerintah setempat,” ujarnya.

Bagi Indra, menyandang status sebagai anggota TNI AL bukan perkara enteng. Di balik rasa bangga, ada tugas-tugas berat lain yang mengikuti.

Selain membawa misi perdamaian, mereka juga mempromosikan potensi wisata Indonesia termasuk pariwisata Sumatera Barat ke mancanegara.

“Banyak suka-duka yang seharusnya bisa saya rentang, mulai dari kegetiran rasa hati menahan rindu akan kampung halaman dan keluarga hingga bangga bisa membawa kapal perang kebanggaan Indonesia ini ke tanah Andalas ini,” kata Indra yang mengaku selama di Padang belum bisa membesuk keluarganya di kampung.

Sama halnya dengan Indra Koto, kadet AAL lainnya asal ranah Minang, Ilham Satria Nanda juga menegaskan bahwa bergabung dengan TNI tak butuh biaya besar.

Putra asal Painan, Pesisir Selatan itu mengaku tak sampai menghabiskan uang Rp 50 ribu. Berbeda dengan Indra, Ilham melamar masuk taruna dari Tanjungpinang, Kepulauan Riau, tempat kedua orangtuanyanya kini menetap.

Ilham yang sejatinya juga berasal dari keluarga TNI itu, mengatakan bahwa yang terpenting dimiliki untuk menjadi bagian dari TNI adalah ketahanan fisik yang bagus, semangat, disiplin, dan kecerdasan.

Ini menjadi pelajaran penting bagi masyarakat yang ingin menjadi abdi negara bahwa semua anak muda dari berbagai latar belakang kehidupan punya kesempatan yang sama masuk TNI.

“Salah besar persepsi orang-orang yang yang selama ini menilai bahwa masuk TNI butuh banyak biaya. Jika itu benar, maka saya tak akan berada di sini hari ini. Saya memang berasal dari keluarga TNI juga, tapi bapak saya prajurit tamtama yang bukan orang bergelimang harta,” ungkap putra Syaifullah dan Maidarlis tersebut. (***)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... TNI Masuk Desa, Pak Tentara Rajin Mengajar Ngaji


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler