Salah satu buaya terbesar yang pernah berhasil ditangkap di Nitmiluk Gorge,  Kawasan Utara Australia (NT) telah dibawa ke sebuah sekolah dasar setempat untuk mencegah anak-anak berenang di perairan NT.

Seekor buaya air asin berukuran 3,92 meter yang berhasil ditangkap pada hari Selasa (6/3/2018) ini  diyakini merupakan tangkapan buaya kedua terbesar di kawasan Gorge, 30 kilometer sebelah utara Katherine.

BACA JUGA: Pesan Dalam Botol Tertua Didunia Ditemukan di Pantai Australia Barat

Baru dua minggu yang lalu seekor buaya berukuran panjang 3.97meter ditarik dari jebakan yang sama. Setelah berhasil ditangkap buaya berukuran 3.92 meter itu dibawa ke sekolah dasar setempat.

ABC Pedesaan: Daniel Fitzgerald

BACA JUGA: Berkat Penurunan di India, Jumlah Pernikahan Anak Global Merosot

Setelah melepaskan buaya dari perangkap dan mengikatnya ke sebuah trailer, petugas penjaga Taman dan Satwa Liar menarik trailer itu ke Sekolah Dasar Katherine South untuk mengajar para siswa di sekolah itu tentang keselamatan dari bahaya serangan buaya.

Sementara seorang anak berusia 11 tahun mengatakan bahwa dia sudah sering kali melihat buaya  dan setuju kalau buaya adalah "hewan yang biasa ", sejumlah siswa yang lain mengatakan bahwa dia tidak hanya berpikir dua kali, tapi "mungkin sekitar tiga kali" sebelum memasuki perairan di NT.

BACA JUGA: Cara Menabung Generasi Milenial Australia

"Buaya bisa saja merobek saya sampai hancur," kata seorang anak berusia 11 tahun.

"Saya bahkan tidak menyentuhnya," kata seorang anak berusia tujuh tahun yang lain.

"Saya berpikir mungkin saja buaya itu terbangun dan akan berkeliling di sekitar sekolah dan mungkin bisa memakan orang." Mobil dengan buaya berukuran 3.92 meter terikat di trailer belakangnya, langsung di bawa menuju Katherine South Primary School.

ABC Pedesaan: Daniel Fitzgerald 'Kesempatan bagus' untuk mengajari keselamatan terhadap buaya

Petugas Taman dan Margasatwa,  Erin Britton mengatakan bahwa penting bagi siswa untuk diajarkan mengenai keselamatan dari serangan buaya, karena mereka tinggal di dekat sungai.

"Ini adalah kesempatan bagus bagi anak-anak ini untuk datang dan melihat seperti apa buaya itu," katanya.

"Anak-anak selalu terkejut melihat betapa lembutnya kulit buaya, mereka menyentuhnya dan ini bukan kesan yang selama ini mereka miliki mengenai seperti apa buaya itu sesungguhnya,”

Erin Britton mengatakan buaya masih melakukan perjalanan melalui sungai di pedalaman, bahkan di akhir musim hujan, dan dia memperkirakan beberapa ekor buaya lainnya akan dapat ditangkap di Sungai Katherine.

"Ada banyak buaya berkeliaran disaat volume air di Sungai Katherine meningkat, jadi mereka bisa berada dimana saja," katanya. Buaya ini diyakini merupakan tangkapan terbesar kedua di taman Nitmiluk, Gorge di dekat Katherine.

ABC Pedesaan: Daniel Fitzgerald

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Polisi Cari Pemerkosa Anak Yang Diserahkan Ibunya Sendiri

Berita Terkait