Anak Zulkifli Hasan Bicara soal Bapaknya

Kamis, 21 Desember 2023 – 17:37 WIB
Ketua DPP PAN Zita Anjani. Foto: dokumentasi pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Anak Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan, Zita Anjani membela ayahnya yang sedang menjadi sasaran protes gara-gara guyonan soal salat.

Menurut Zita, tidak ada provokasi maupun adu agama dalam penggalan video berisi ujaran Zulhas -panggilan akrab Zulkifli- soal orang salat enggan mengucap 'amin' setelah imam membaca Al-Fatihah.

BACA JUGA: Anggap Zulhas Mengolok-olok Bacaan Salat dan Menista Agama, ART: Proses Hukum

Zita mengatakan pernyataan sang bapak saat itu hanyalah sebagai bentuk pesan politik yang riang gembira, damai, dan membahagiakan.

"Rasanya tidak mungkin kalau PAN itu melakukan provokasi, apalagi adu agama," katanya Zita saat ditemui di kantor Bawaslu, Jakarta Pusat, Kamis (21/12/2023).

BACA JUGA: Sebaiknya Zulhas Minta Maaf, Guyonannya soal Amin dalam Salat Sudah Menyangkut SARA

Zita justru merasa curiga ada oknum yang sedang "bermain" dengan isu agama dengan tujuan memecah belah masyarakat pada momen Pemilu 2024.

Menurut Zita, isu itu  sudah tidak laku.

BACA JUGA: Laskar Santri Jabar Bereaksi atas Candaan Politik Zulhas tentang Salat

"Saya menyayangkan ada anggota DPR RI yang ikutan menjadi provokator terkait isu agama ini," ungkap ketua DPP PAN itu.

Lebih lanjut Zita menegaskan Zulhas sangat mengagumi dan menganggap tokoh seperti Ustaz Abdul Somad maupun Anies Baswedan sebagai mentor di bidang keagamaan.

Oleh karena itu, Zita menegaskan pernyataan yang disampaikan Zulhas saat itu merupakan ajakan damai untuk tidak mempraktikkan politik agama. Ajakan itu pun disampaikan dengan bercanda.

Zita menganggap wajar aktivitas Zulhas dalam kapasitasnya sebagai menteri perdagangan juga berlaku selaku ketua umum PAN.

"Wajar saja ketika di acara publik melihat beliau itu bukan hanya Mendag, tetapi juga sebagai ketum PAN dan mungkin ada pertanyaan sesuai dengan kapasitasnya," katanya.

Dengan demikian, wakil ketua DPRD DKI Jakarta itu menegaskan tidak menjadi masalah apakah pernyataan yang disampaikan Zulhas itu dalam kapasitas sebagai mendag ataupun ketua umum PAN karena substansinya ialah ajakan pemilu damai.

Zulhas menyampaikan guyonan soal salat itu saat memberikan sambutan pada Rakernas Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) di Semarang, Selasa (19/12).

Zulhas kemudian ramai dibicarakan di media sosial, bahkan kata kunci untuk pencarian “Zulhas” di X (Twitter) mencapai 29,4 ribu unggahan hingga Rabu sore. (antara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Irjen Karyoto: Firli Bahuri Bisa Dijemput Paksa


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler