Anaknya jadi Cawagub Jabar, Haji Umuh Tak Melibatkan Persib

Rabu, 28 Agustus 2024 – 06:17 WIB
Bos Persib Bandung Umuh Muchtar memberikan keterangan seusai mendampingi putranya Erwan Setiawan mendaftar Pilgub Jabar bersama Dedi Mulyadi, di KPU Jabar, Bandung, Selasa (27/8). Foto: Ricky Prayoga/Antara

jpnn.com - BANDUNG - Bos Persib Bandung Umuh Muchtar atau biasa dipanggil dengan Haji Umuh mengeklaim tak pengin melibatkan nama klubnya dalam Pemilihan Gubernur Jawa Barat atau Pilgub Jabar 2024.

Haji Umuh mengatakan hal tersebut untuk menangkis tanggapan bahwa Persib dan Bobotoh bakal dibawa ke ranah politis, setelah putra Umuh, yakni Erwan Setiawan mendaftar sebagai calon wakil gubernur (wagub) mendampingi Dedi Mulyadi.

BACA JUGA: Wabup Sumedang Erwan Setiawan: Semua Perizinan Mudah dan Cepat

Umuh mengatakan Persib Bandung murni tim sepak bola. Dia meminta jangan dikaitkan Persib Bandung dengan politik seiring keterlibatan Erwan dan dirinya di Pilgub Jabar 2024.

"Semua warna ada di Persib. Jangan ada (yang bilang) masalah ini dipolitisasi. Semua tahu Umuh Muchtar. Jangan membawa-bawa Persib. Siapa yang bawa? Kalian yang bilang Pak Umuh Persib, bukan saya," kata Umuh, seusai mendampingi pasangan Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan mendaftar ke KPU Jabar, di Kota Bandung, untuk Pilgub Jabar 2024, Selasa (27/8).

BACA JUGA: Dedi Mulyadi Tegaskan KIM Tetap Solid Mendukungnya di Pilkada Jabar 2024

Haji Umuh menjelaskan, banyak entitas yang berada di Persib dan bukan berarti bisa seenaknya melibatkan Persib untuk kepentingan pribadi, termasuk Erwan dan dirinya.

Dia pun meyakini, Bobotoh sudah lebih dewasa dalam memilih calon pemimpin Jabar ke depan tanpa harus melihatnya sebagai pimpinan Persib Bandung.

BACA JUGA: Komentari Kinerja Wasit Persib vs Arema FC, Bojan Hodak Minta Maaf, Kenapa?

"Bobotoh sudah bisa melihat mana yang hebat," katanya.

Namun, Ketua DPD Partai Golkar Jabar TB Ace Hasan Syadzili mengungkapkan direkomendasikannya Erwan sebagai pendamping Dedi Mulyadi oleh partai berlambang beringin ini, salah satunya karena adanya Umuh Muchtar sebagai orang tua Erwan, yang notabene merupakan petinggi Persib Bandung.

"Pertama jelas, Pak Erwan orang tuanya pemilik Persib. Kedua, Pak Erwan memiliki pengalaman di pemerintahan. Tadinya kami siapkan menjadi Bupati Sumedang. Namun, dengan berbagai pertimbangan, maka kami tugaskan beliau untuk menjadi calon wakil gubernur," katanya. (antara/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Redaktur & Reporter : Mufthia Ridwan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler