Anang Sebut 3 Tokoh Layak jadi Cawapres Pendamping Anies, Jatim Semua, 1 Nama Baru

Minggu, 28 Mei 2023 – 09:05 WIB
Siapa cawapres pendamping Anies Baswedan di Pilpres 2024?. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - MALANG - Hingga saat ini belum juga ada kepastian mengenai sosok bakal calon wakil presiden (cawapres) pendamping Anies Baswedan di Pilpres 2024 mendatang.

Pengamat Komunikasi Politik Universitas Brawijaya Anang Sujoko S.Sos., M.Si., D.COMM menyebut tiga nama yang dinilai cocok mendampingi Anies Baswedan, bakal capres yang diusung Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) itu.

BACA JUGA: 5 Kader NU Kandidat Cawapres, Salah Satu Potensial jadi Pendamping Anies

"Kalau Anies mau kuat, seharusnya bisa memilih antara tiga nama ini," kata Anang, yang juga merupakan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Brawijaya itu, di Malang, Sabtu (27/5).

Anang menyebutkan, tiga nama tersebut ialah Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD; Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

BACA JUGA: Siapa Pendamping Anies Baswedan? Orang Kaya Ini Singgung Perjuangan di Pilgub DKI Jakarta

Dia menilai tiga sosok tersebut memiliki basis massa yang cukup kuat dan menjadi sosok yang dibutuhkan untuk mendampingi Anies Baswedan. Mengingat bakal calon presiden itu bukan merupakan kader partai politik.

"Anies Baswedan, memang tidak berangkat dari kekuatan kader politik. Oleh karena itu, untuk kemudian menjadi kuat, ia harus didampingi oleh sosok yang berbasis organisasi massa," katanya.

BACA JUGA: Namanya Diusulkan Jadi Cawapres Pendamping Anies, Khofifah Bereaksi Begini

Diketahui, Muhadjir Effendy merupakan tokoh kelahiran Madiun, 29 Juli 1956.

Mahfud MD lahir di Sampang, 13 Mei 1957. Khofifah kelahiran 19 Mei 1965 di Surabaya.

Muhadjir Effendy tergolong nama baru dalam bursa cawapres 2024.

Ganjar Pranowo-Erick Thohir

Lebih lanjut Anang menilai, bakal capres Ganjar Pranowo cocok jika berpasangan dengan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Ganjar dinilai membutuhkan sosok pendamping yang religius.

"Erick Thohir memiliki kedekatan dengan Nahdlatul Ulama (NU). Itu yang bisa mendukung Ganjar Pranowo. Selain itu juga Imam Besar Masjid Istiqlal (Nasaruddin Umar), juga cocok" ujarnya.

Sementara untuk Prabowo Subianto, ada dua sosok yang cocok untuk mendampinginya, yakni Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar.

Anang menilai, dalam kondisi ideal para kandidat cawapres itu nantinya harus mampu mendukung kinerja bakal capres yang ada. Bakal cawapres tersebut juga harus memiliki skill kepemimpinan yang saling mengisi.

Namun, pada demokrasi Indonesia, keberadaan bakal cawapres lebih diutamakan untuk mendukung perolehan suara.

"Dari tiga nama bakal calon presiden itu, mereka adalah sosok pemimpin yang kuat. Sehingga, berbicara cawapres, harus mampu mendukung mereka untuk lebih baik lagi," katanya. (antara/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?


Redaktur & Reporter : Soetomo Samsu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler