Anda Pemberani? Datanglah di Pulau Mahoro

Minggu, 15 Mei 2016 – 07:53 WIB
Pulau Mahoro yang terletak di Kabupaten Kepulauan Sitaro Provinsi Sulawesi Utara. FOTO: Manado Post/JPNN.com

jpnn.com - Jika menyebut destinasi wisata bahari di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Pulau Mahoro pasti menjadi nomor satu. Meskipun banyak site wisata yang tersebar.

Laporan Marchella Makasili

BACA JUGA: Pasar Santa yang Menghadirkan Kuliner Berasa Lokal dan Dunia

PULAU Mahoro yang terletak di Kabupaten Kepulauan Sitaro yang berada di lingkup Nusa Utara. Gugusan Pulau Mahoro dan pulau-pulau kecil di antaranya disebut Cluster Buhias di Provinsi Sulawesi Utara.

Perjalanan ke Pulau Mahoro dapat dijangkau dengan menggunakan speed boat atau perahu nelayan bermesin katinting. Jaraknya sekira 9,5 mil dari Pelabuhan Ulu Siau. Waktu yang ditempuh hanya 15-45 menit pada saat laut tidak bergelombang. Sedangkan, jika laut bergelombang waktu yang ditempuh kurang lebih dua jam.

BACA JUGA: 635 Wisman Singapura Datang ke Batam Demi Bunda Hetty

Salah satu sisi pulau langsung berhadapan dengan lautan bebas. Sementara di sisi lainnya menjadi begitu tenang, setenang air dalam kolam. Karena di depannya ada pulau yang memagari.

Pengunjung bisa menikmati indahnya Gunung Api Karangetang dari pulau ini. Pemandangan sunrise dan sunset pun sangat mengagumkan.

BACA JUGA: Bersyukur, Hidup Sehat dan Sukses Terhindar PMS

Karena pulau tidak berpenghuni, bagi yang ingin menginap harus melakukan persiapan.

“Disarankan membawa makanan dan minuman serta perlengkapan tenda,” ujar Harry Kakunsi, salah satu Limango Diving Center di Sitaro seperti dilansir Manado Post (JPNN Group).

Alternatif lain adalah menginap di desa-desa sekitar. “Di Desa Lahawu bisa menginap jika ingin beraktivitas lebih dari satu hari. Karena rugi jika berkunjung hanya sehari. Jika ingin melakukan aktivitas lebih, disarankan menyewa peralatan snorkeling atau menyelam.

Jika nyali cukup besar, sempatkanlah mencoba menelusuri gua sarang burung wallet yang berada di sisi pulau. Goa tersebut sebagian terendam air, dan di ujung sisi pulau lainnya terdapat karang bolong yang menggoda untuk dilewati,” tuturnya.(JPG/lombok post/fri/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Anda Vegetarian? Harus Baca ini!!


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler