Andai Golkar Gabung PDIP, Jokowi Menang Satu Putaran

Kamis, 15 Mei 2014 – 20:30 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Pendiri Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA Phd menyatakan bahwa pemilihan presiden (pilpres) Juli akan berlangsung satu putaran jika Partai Golkar bergabung dengan PDIP yang mengusung Joko Widodo sebagai calon presiden (capres). Menurutnya, bergabungnya Golkar ke poros koalisi PDIP akan mampu membuat capres yang dikenal dengan sapaan Jokowi itu menang dalam satu putaran.

"Jika PG akhirnya resmi berkoalisi dengan PDIP dan mendukung capres Jokowi, maka pilpres akan berlangsung satu putaran dan Jokowi pemenangnya," kata Denny di Jakarta. Kamis (15/5).

BACA JUGA: Belum Ada Pemda Usulkan Pemberkasan NIP Honorer K2

Namun, kata Denny,  jika sampai muncul tiga pasang capres maka pilpres bisa jadi dua putaran. Sebab, capres yang ketiga ini kemungkinan berpotensi memecah suara kubu Jokowi maupun Prabowo Subianto.

Namun, kata Denny, pemenang pilpres juga akan sangat ditentukan oleh tingginya massa mengambang atau swing voters. Dari catatan LSI, swing voters masih mencapai 40 persen.

BACA JUGA: 16 Politikus Senior Golkar Dukung Akbar Jadi Cawapres Jokowi

“Ini angka yang masih cukup tinggi untuk bisa diperebutkan oleh capres manapun. Siapa yang bisa mengambil paling banyak suara massa mengambang itu, dia lah pemenangnya," katanya.

Secara pribadi Denny  berharap ada sebuah gerakan atau program yang bisa mendorong partisipasi publik. "Saya tentunya dengan cara saya dan teman-teman civil society lainnya mencoba untuk mengambil bagian ini agar Pilpres bisa satu putaran agar pemerintahan baru ini bisa secepatnya berjalan,” ungkap Denny.(boy/jpnn)

BACA JUGA: Kesamaan Ideologi Jadi Alasan Denny JA Dukung Jokowi

BACA ARTIKEL LAINNYA... PDIP: Luar Jawa, Mahfud MD Berpeluang Dampingi Jokowi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler