Andik Vermansyah Menuju Liga Jepang

Setelah Mencetak Gol di Reserve Team

Rabu, 09 Oktober 2013 – 05:24 WIB
Andik Vermansyah. Foto: JPNN

JAKARTA - Andik Vermansyah menjadi sorotan banyak media di Jepang pasca gol perdananya, Minggu lalu (6/10). Gol itu bisa dijadikan bekal untuk mengakhiri trial test-nya di klub J-League Two, Ventforet Cofu, dengan manis. Andik pun bertekad untuk meneruskan performanya sehingga bisa direkrut klub tersebut.
 
Satu gol memang tidak membuat reserve team Cofu selamat dari kekalahan 1-5 atas Shimizu S-Pulse. Namun, satu gol itu jelas mengingatkan publik sepakbola tanah air dengan prestasi yang pernah diukir Ricky Yacobi, 25 tahun yang lalu. Ketika itu, Ricky mencetak satu gol saat masih membela Matsushita.
 
Kepada Jawa Pos, Selasa (8/10), Ricky menyebut prestasi Andik ini sebagai awal yang bagus. Hanya, diakuinya untuk bisa menembus skuad di klub-klub Jepang seperti Cofu ini tidak mudah. "Karena tentunya Jepang punya standart sendiri untuk menentukan layak atau tidaknya pemain, yang pasti ini awal baik bagi dia, bagi sepakbola Indonesia juga," ujar Ricky.
 
Memang masih panjang jalan Andik untuk menuju tim utama Cofu. Hanya, setidaknya pemain asli Surabaya ini sudah menuai banyak pujian dari publik Jepang. Bukan hanya dari pendukung Cofu, media, dan bahkan pelatih Cofu " Hiroshi Jofuku " mengakui kemampuan gelandang yang oleh media Jepang dijuluki Lionel Messi dari Indonesia tersebut.
 
Demikian seperti yang dilansir dari Goal. Jofuku pun memuji perfoma apik Andik dalam laga tersebut. "Dia (Andik, Red) mempunyai keunggulan dari skill dan kecepatan larinya. Saat dia kami turunkan, dia sudah mampu menunjukkan permainan yang bagus," puji mantan pemain nasional Jepang berusia 52 tahun itu.
 
Sementara, Andik sendiri merasa bangga bisa mencetak gol di Negeri Sakura. Terlebih, setelah terjadinya gol itu, banyak pihak di Jepang yang mendukung langkah Cofu jika bersedia memberi peluang Andik bermain di tim utamanya. Hanya, Andik belum berbicara terlalu jauh terkait kans dia dikontrak permanen Cofu.
 
Yang bisa dia lakukan hanyalah terus menunjukkan performa terbaik pada laga-laga berikutnya. "Saya berada di sini untuk merepresentasikan sepakbola Indonesia, dan saya ingin menunjukkan yang terbaik. Saya sungguh menyukai Jepang, dengan level sepakbolanya yang bisa dikatakan menyamai Spanyol," tutur Andik.
   
Lebih lanjut, Andik menyatakan kesediannya jika memang nantinya Cofu berniat mengikatnya dengan kontrak permanen. "Saya akan bermain semampu yang saya bisa. Selanjutnya, saya bisa berada di klub ini," pungkas Andik seraya mengirimkan sinyal bahwa dia siap untuk diboyong Cofu. (ren)

BACA JUGA: Pedrosa Bisa Absen Dua Balapan

BACA ARTIKEL LAINNYA... Timnas U-19 Kecewa GBK Sepi Penonton


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler