Anggota DPR Ini Minta BPN Usut Legalitas Tanah di Sekitar Depot Pertamina Plumpang

Senin, 06 Maret 2023 – 10:53 WIB
Kondisi lokasi kebakaran di permukiman sekitar Depot Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, Sabtu (4/3). Foto: Kenny Kurnia Putra/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi III DPR RI Andi Rio Idris Padjalangi mendorong Polri dan Badan Pertanahan Nasional (BPN) mengusut legalitas tanah di sekitar Depot Pertamina Plumpang, Jakarta Utara.

Permintaan itu disampaikan Andi Rio merespons kebakaran Depot Plumpang yang permukiman di sekitarnya.

BACA JUGA: Kebakaran Depot Pertamina Plumpang, Tolong Selesaikan 3 Persoalan Ini

Menurut dia, Polri dan BPN perlu menyelidiki tanah tersebut apakah telah sesuai peruntukan atau justru terjadi pemalsuan jual beli tanah di wilayah tersebut.

"Seharusnya, zona steril di sekitar Depot Pertamina dalam radius sekian meter, tetapi mengapa ada rumah penduduk di sekitar depot? Tentunya, ini menjadi tanda tanya besar," ujar politikus Golkar itu, Minggu (5/3).

BACA JUGA: Viral Oknum TNI Membentak Pengendara dan Mencabut Sangkur, Ini Masalahnya

Andi juga mendorong Pertamina memastikan ketersediaan stok bahan bakar minyak (BBM) seusai terjadinya ledakan di Depot Plumpang.

Dengan demikian wakil ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI itu berharap kelangkaan BBM di tengah masyarakat dapat dihindari.

BACA JUGA: Dugaan Pencabulan oleh Oknum Guru Ini Terbongkar setelah Muridnya Buka Suara

Dia pun meminta Pertamina melihat dampak pascaledakan depot terhadap lingkungan sekitar untuk memastikan tidak ada lagi zat yang dapat membahayakan masyarakat.

Andi juga menyampaikan dukacita atas peristiwa kebakaran di Depot Plumpang yang mengakibatkan belasan orang meninggal dunia dan puluhan warga luka-luka.

"Saya prihatin dan sedih dengan banyaknya korban jiwa. Kepolisian harus mengusut tuntas peristiwa tersebut apakah karena kesalahan teknis atau human error (kesalahan manusia)," ujar Andi Rio.(antara/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ustaz Abdul Somad Sampaikan Pesan Penting saat Tablig Akbar di Kapuas Hulu


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler