Anggota DPR jadi Etalase Parpol

Sabtu, 18 Mei 2013 – 14:49 WIB
Wakil Sekjen Partai Demokrat Saan Mustopa dalam diskusi tentang absensi anggota DPR RI di Jakarta, Sabtu (18/5). Foto: Ricardo/JPNN
JAKARTA - Sekretaris Fraksi Partai Demokrat (PD), Saan Mustopa menyatakan bahwa anggota DPR ibarat etalase bagi partai politik. Karenanya, perilaku anggota DPR akan berpengaruh terhadap partai.

"Anggota dewan kan etalase. Kalau perilaku positif, memberikan pengaruh positif bagi partai. Kita ingin anggota DPR berprilaku baik sebagai etalase dari partai politik," ujar Saan dalam diskusi tentang absensi anggota DPR di Jakarta, Sabtu (18/5).

Saan menjelaskan, partainya memberlakukan audit kinerja terhadap para kader PD di DPR. Hasil audit itu disampaikan ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP).

"Mereka bisa menjadikan audit tersebut sebagai pertimbangan dalam menentukan anggota, apakah tetap atau dirolling. Ini bagian evaluasi partai," ucap Wakil Sekjen PD itu.

Sementara itu politikus PDI Perjuangan, Arief Budimanta mengatakan, tingkat kehadiran di rapat perlu untuk menilai kinerja anggota DPR. Sebab, dalam rapat bisa terlihat gagasan-gagasan yang mereka miliki terhadap suatu persoalan.

"Mereka menyampaikan gagasan-gagasan pas rapat, misalnya saja bahas topik kenaikan BBM. Selain itu melakukan proses pengawasan berdasarkan penglihatan di lapangan," terang Arief. (gil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kali Ini, Bawaslu dan KPU Kompak

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler