Anggota Komisi VI DPR Ini Pilih Berjuang Selamatkan Rekind

Sabtu, 18 Maret 2023 – 03:10 WIB
PT Rekayasa Industri (Rekind). Foto dok Rekind

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi VI DPR RI Harris Turino memilih berjuang untuk menyelamatkan PT Rekayasa Industri (Rekind).

Politikus PDI Perjuangan itu punya alasan kuat, lantaran melihat peran Rekind yang sangat strategis bagi kepentingan bangsa.

BACA JUGA: Rekind Harus Segera Diselamatkan Lewat Jalur PMN

Peran strategis yang dimaksud yakni kemampuan Rekind untuk membuka peluang besar bagi Indonesia untuk menjadi eksportir green energy melalui hidrogen dan amoniak.

Apalagi, oleh dunia, hidrogen dan amoniak diyakini menjadi sumber energi bersih masa depan yang ramah lingkungan.

BACA JUGA: 104 Perusahaan BUMN Berpartisipasi Dalam Anugerah BUMN 2023

Dua jenis bahan kimia alami itu juga merupakan peralihan energi dari bahan bakar fosil seperti batubara, minyak, dan gas bumi  ke energi bersih yang ramah lingkungan.

“Indonesia punya peluang yang luar biasa sebagai ekportir green energy, karena teknologinya kita kuasai. Rekind punya kemampuan dalam memproduksi hidrogen dan amoniak. Dengan menguasai ini, maka kita bisa berpartisipasi dalam green energy dunia. Itulah mengapa saya memperjuangkan Rekind harus diselamatkan, bukan semata untuk kepentingan Rekind, tapi juga untuk kepentingan Indonesia,” ungkap Harris.

BACA JUGA: Ria Busana Bakal Bukai Gerai Retail di Tembung Medan

Menurut Dosen Tetap Pasca Sarjana IPMI International Business School ini, kalau bicara kesiapan, tentu Rekind sangat siap untuk membuka peluang tersebut.

Engineer-nya ada dan teknologinya pun dikuasai. Bahkan, perusahaan milik negara yang berdiri sejak 12 Agustus 1981 tersebut sudah mengerjakan beberapa proyek terkait hidrogen dan amoniak, seperti halnya Pusri 2B yang dikerjakan kumpulan anak-anak bangsa melalui Rekind.

“Walaupun tetap kita bekerja sama dengan pihak-pihak lain dari luar, tapi sebagai lead contractornya kita selaku bangsa mengandalkan Rekind,” kata pria kelahiran Tegal, Jawa Tengah itu.

Apalagi, lanjutnya, Rekind merupakan satu-satunya perusahaan EPC di Indonesia saat ini Rekind adalah satu-satunya perusahaan Indonesia yang masuk dalam daftar ranking ENR Top 250 International Contractors of The World dan Top 250 Global Contractors of The World, yang diterbitkan oleh majalah Engineering News Record (ENR) pada 22 Agustus 2016.

Rekind juga dianugerahi penghargaan ASEAN Engineering Award 2018 dari ASEAN Federation of Engineering Organizations (AFEO), untuk Kategori Perusahaan.

Penghargaan ini merupakan pengakuan bergengsi yang diberikan AFEO atas prestasi dan inovasi Rekind untuk proyek rekayasa di kawasan ASEAN.

"Ini merupakan pengakuan internasional dan tidak main-main. Apalagi, harus dipahami Indonesia memang sangat membutuhkan satu perusahaan EPC yang mampu bersaing dengan para raksasa EPC dunia. Sehingga sebagai sumber centre of excellent, BUMN Indonesia punya peran yang luar biasa,” sebut Harris.(chi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler