Anggota Ormas Sok Jagoan, Polisi Langsung Gerak Cepat, Sukurin

Kamis, 08 April 2021 – 19:54 WIB
Polretabes Bandung menangkap dua pelaku pemerasan. Foto: ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi

jpnn.com, BANDUNG - Berlagak sok jagoan dengan memeras dan mengancam teknisi kabel di kawasan Gede Bage, Kota Bandung, dua anggota ormas ditangkap polisi.

Pemerasan itu sempat beredar di media sosial dalam sebuah rekaman video. Dua tersangka berinisial E dan A.

BACA JUGA: Kalau Ada yang Melihat 2 Wanita Ini Langsung Hubungi Polisi, Bahaya

"Para petugas teknisi itu sedang memperbaiki kabel fiber optik yang putus karena kena alat berat akibat proyek di Gedebage. Kemudian datanglah dua orang pelaku itu yang meminta sejumlah uang," kata Kepala Satreskrim Polrestabes Bandung AKBP Adanan Mangopang, Kamis (8/4).

Menurutnya, kedua pelaku meminta jatah sekitar Rp1 juta dari para teknisi. Namun, kata dia, para teknisi itu memang sedang tidak membawa uang sehingga terjadi pemerasan tersebut.

BACA JUGA: Siswi SMK Minta Dipijat, Malah Anunya yang Dipegang-pegang

Selain pemerasan, para pelaku juga mengancam akan mendatangkan para anggota ormas lainnya.

Pada saat itu terjadi kejar-kejaran antara pelaku dan para teknisi yang menjadi korban pemerasan.

Setelah video itu beredar, Adanan mengaku langsung memerintahkan para anggota Polsek Gedebage untuk segera melakukan penangkapan dua pelaku itu.

Dia pun menegaskan bahwa tindakan premanisme apapun harus diberantas untuk menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Sedang kami dalami, apakah sampai ke ormas itu atau tidak, atau nyangkut, sudah saya perintahkan Kanit Reskrim Gedebage untuk kembangkan, nanti Polrestabes siap membantu," kata dia.

Polisi menjerat kedua pelaku dengan Pasal 368 KUHP tentang Pemerasan dengan ancaman sembilan tahun penjara. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler