Angka Keramat 27 dan Kematian Selebriti Dunia

Senin, 15 Juli 2013 – 15:07 WIB
Cory Monteith. Getty Images
TEWASNYA aktor serial TV "Glee" Cory Monteith menambah panjang daftar selebriti muda dunia yang meninggal di puncak ketenaran. Sebenarnya sejak tahun 50-an sudah puluhan idola dunia mati muda karena tak mampu menahan godaan narkoba atau alkohol yang merupakan barang memabukan sebelum heroin, mariyuana dan jenis obat-obatan terlarang lain ditemukan seperti sekarang.

Aktor James Dean jadi salah satu selebriti muda pertama yang mati tak wajar di tahun 1955. Bintang "Rebel Without a Cause" ini tewas karena tabrakan diumur yang sangat belia 24 tahun. Sempat muncul kabar penggunaan alkohol dalam tabrakan yang menewaskan Dean di California itu, namun kemudian dibantah pihak kepolisian yang menyebut murni kecelakaan.

Yang tak kalah mengagetkan adalah kematian "bom seks" Marilyn Monroe. Artis yang sering disebut sebagai selingkuhan Presiden John F Kennedy ini ditemukan sudah jadi mayat di rumahnya Brentwood, Los Angeles  pada 5 Agustus 1962. Hasil autopsi menunjukan, Marilyn meninggal karena keracunan obat terlarang. Kala itu dia masih berumur 36 tahun.

Hampir enam dekade kemudian, bom seks lain juga tewas karena over dosis (OD) yakni Anne Nicole Smith. Bekas Playmate of The Year 1993, ditemukan tergeletak tak bernyawa di kamar hotel Seminole Hard Rock pada 8 Februari 2007. Kandungan narkoba seperti diazepam, clonazepam, lorazepam, dan oxazepam ditemukan di tubuh Anne yang meninggal diumur 39 tahun.

Masih bintang layar lebar. Yang tak kalah tragis adalah kematian Brandon Lee. Putra legenda Kung Fu Hollywood, Bruce Lee tersebut benar-benar tewas di saat pengambilan gambar adegan baku tembak untuk syuting film "The Crow" tahun 1993. Brandon tewas di umur 28 tahun karena pistol yang ditembakan ke tubuhnya ternyata berisi peluru asli.

Dari catatan Radar Online yang dilansir Senin (15/7), musisi menempati daftar terbanyak yang mati muda. Sebut saja gitaris terbaik sepanjang sejarah Jimi Hendrix yang tewas tahun 1970 karena kebanyakan menenggak obat tidur jenis Vesparax, 18 kali di atas dosis normal. Gitaris yang sempat solo gitar menyanyikan "Star Spangled Banner" ini meninggal di umur 27 tahun.

Sebulan kemudian atau tepatnya, 4 Oktober 1970, musik rock dunia kehilangan vokalis wanita bersuara melingking asal Texas, Janis Joplin. Janis ditemukan tak bernyawa saat umur 27 tahun setelah OD heroin dan alkohol. Setahun sebelumnya, Janis dan Jimi Hendrix ikut tampil di festival musik rock terbesar dunia kala itu, Woodstock.

Vokalis "The Doors" Jim Morrison menjadi rocker selanjutnya yang mati sia-sia akibat kecanduan narkoba. Dia ditemukan tewas di kamar hotelnya di Paris, Prancis pada 3 Juli 1971 karena OD heroin. Sama seperti Jimi Hendrix dan Janis Joplin, penyanyi super hit "Light My Fire" itu meninggal diumur 27 tahun.

Angka 27 seolah jadi angka keramat kematian rocker dunia. Tanggal 5 April 1994, frontman grup pop punk Nirvana, Kurt Cobain ditemukan tewas dengan kepala bersimbah darah akibat tertembus peluru. Kuat dugaan dia putus asa karena tak bisa lepas dari ketergantungan obat terlarang. Kurt juga tewas di umur 27 tahun.

Jauh sebelum kematian Kurt, punker lain yang memilih mati secara tragis adalah Sid Vicious, basis "Sex Pistols." Pria bernama asli John SImon Ritchie ini tewas di umur 21 tahun tanggal 2

Februari 1979 karena OD heroin. Yang tak kalah tragis dialami dua rapper kenamaan Amerika, Tupac Shakur dan Christopher George Latore Wallace alias "Notorious BIG" Keduanya tewas karena ditembak saat mengendara mobil.

Tupac dinyatakan meninggal pada 13 September 1996 setelah 6 hari sebelumnya, sedan yang dtumpanginya diberondong peluru oleh anggota gang di Las Vegas. Sementara Notorious BIG tewas 9 Maret 1997 setelah truk yang dikemudikannya diberondong oleh pria tak dikenal di jalanan Los Angeles. Tupac mati diumur 25 tahun sedangkan "Notorious BIG" saat berumur 24 tahun. Kematian keduanya tak terungkap namun diduga karena perebutan  kekuasaan bandar narkoba. (pra/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jane Shalimar Dilamar Didi setelah Lebaran

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler