Anies Baswedan: Ketidakterdidikan Itu Mahal

Selasa, 13 Desember 2016 – 17:53 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Calon gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, sudah 17 gubernur memimpin DKI Jakarta hingga saat ini. 

Namun pembangunan di ibukota masih minim peningkatan mutu kualitas manusia di dalamnya. Padahal hal itu sangat penting.

BACA JUGA: Anies Janjikan Rusun Hak Sewa Bagi Warga Miskin

"Kenapa keluarga sejahtera makin sejahtera, karena anak-anaknya terdidik dengan baik. Kenapa keluarga miskin, makin miskin lintas generasi, karena mereka pendidikannya tidak baik, tidak tuntas sehingga menganggur, miskin lagi. Nah, itu harus dihentikan," kata Anies, usai berkampanye di Rumah Susun (Rusun) Kebon Kacang, Tanah Abang, Jakarta Pusat (Selasa, 13/12).

Pasangan Anies-Sandi, kata dia, akan mulai meningkatkan kualitas manusia lewat pendidikan berkuaitas untuk semua, khususnya untuk keluarga miskin.

BACA JUGA: Fix, KPU Hapus Tiga TPS

"Pendidikan itu mahal, tapi ketidakterdidikan itu jauh lebih mahal ongkosnya. Lebih mahal bagi masyarakat kalau tidak terdidik," kata Anies.

Peran pemerintah harus mendanai, pemerintah harus meningkatkan mutu sekolah, mutu guru. Pendanaan yang diberikan salah satunya adalah transportasi.

BACA JUGA: Prabowo Sudah Ngebet Pengin Kampanye untuk Anies-Sandi

"Banyak anak yang putus sekolah bukan karena sekolahnya yang tidak gratis, sekolahnya gratis, tapi untuk sampai sekolahnya yang mahal," ujarnya.

Sementara untuk keluarga sejahtera akan diberikan pilihan, mau menyekolahkan anaknya di sekolah swasta atau di sekolah negeri. Sekolah negeri akan dibuat menjadi sekolah yang bermutu.

"Nah, peningkatan ini bukan hanya di sekolah umum, tapi juga di sekolah madrasah, bukan hanya pada sekolah negeri, tapi juga di sekolah swasta. Intinya adalah, semua lembaga pendidikan di Jakarta kita akan bantu tingkatkan mutunya sehingga orangtua bisa merasa tenang bahwa di hari tuanya nanti, akan menyaksikan anak-anaknya sejahtera dan dengan sendirinya orangtua diurus oleh anak-anaknya yang sudah sejahtera," pungkasnya. (awr/dil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Anies Berjanji Tingkatkan Soft Skill Siswa Jakarta


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler