Anies: Kita Mestinya "Menutup" Diri Dari Adopsi Budaya Luar

Selasa, 01 Maret 2016 – 16:44 WIB
Anies Baswedan. Foto: JPNN

jpnn.com - JAKARTA-‎ Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan berharap, kebudayaan Indonesia tidak hanya jadi tuan rumah di negeri sendiri, tapi harus memesona dunia internasional. Dengan begitu, keragaman ekspresi budaya Indonesia akan dikenal dunia.

"Dengan potensi yang dimiliki dan kebutuhan untuk berbagi dengan dunia, bangsa Indonesia selayaknya memastikan setiap warna negara akan berpartisipasi, memiliki akses, dan menikmati keragaman ekspresi budayanya," kata Anies ‎saat membuka National Workshop on the Periodic Reporting of the UNESCO 2005 Convention on the Protection and Promotion of the Diversity of Cultural Expressions‎‎ di Jakarta, Selasa (1/3).

BACA JUGA: Mendikbud Minta Sekolah tak Hanya Fokus Produktivitas

Dia menambahkan, perlu penanaman di hati masyarakat bahwa kebudayaan sudah menjadi kehidupan. Karena kebudayaan bersifat dinamis, setiap masyarakat harus diberikan panggung berekspresi.

"Kita sering kehilangan budaya kita karena mengadopsi budaya luar. Mestinya kita "menutup" diri dari adopsi budaya luar. Dan menjadikan budaya Indonesia sebagai tuan rumah di negeri kita sendiri," tandasnya. (esy/jpnn)

BACA JUGA: Gagal Daftar SNMPTN, Ini Jalur Alternatif Masuk PTN

 

 

BACA JUGA: Hari Pertama, Laman SNMPTN Dikunjungi Dua Juta Orang

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pendaftaran SNMPTN Resmi Dibuka Hari Ini


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler