Anies Resmikan Pembangunan Kampung Susun Akuarium Tahap 1, Lihat Wujudnya

Selasa, 17 Agustus 2021 – 23:36 WIB
Kampung Susun Akuarium, Jakarta Utara, Selasa (17/8). Foto: PPID DKI Jakarta

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan pembangunan tahap 1 Kampung Susun Akuarium, Jakarta Utara, Selasa (17/8).

Adapun pembangunan tahap 1 Kampung Susun Akuarium memakan waktu satu tahun setelah peletakan batu pertama.

BACA JUGA: Anies Baswedan Bangun Lagi Kampung Akuarium, Ahok Komentar Begini

Kampung Susun Akuarium tahap 1 itu terdiri dari dua blok bangunan lima lantai yang berisi total 107 unit hunian. Bangunan yang sudah berdiri kokoh itu sudah dapat mulai dihuni warga Kampung Akuarium.

Anies mengatakan bahwa pembangunan Kampung Akuarium merupakan program strategis daerah yang menjadi prioritas dan dibangun berkolaborasi dengan berbagai pihak.

BACA JUGA: Anies Bangun Kampung Akuarium, Pengamat Tak Yakin Warga Bakal Dapat Rumah Gratis

"Kolaborasi yang dimulai sejak perencanaan, berlanjut pembangunan, serta nanti saat pengelolaan, akan jadi wujud dari kerja bersama antara warga-masyarakat, pengembang swasta, akademisi, organisasi masyarakat sipil, serta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mewujudkan Kampung Susun pertama di Jakarta," kata Anies.

Anies menambahkan bahwa kawasan Pasar Ikan yang menjadi lokasi Kampung Susun Akuarium memiliki nilai historis.

BACA JUGA: Ada Duit Lippo di Kampung Akuarium, Ini Penjelasan Anak Buah Anies Baswedan

Sebab, lokasi itu menjadi tempat bertemunya Soekarno-Hatta usai pulang dari pengasingan.

"Di kampung ini, kita lunasi janji kemerdekaan yang dirumuskan. Lewat kampung ini, kita semua mewujudkan sila kelima dari Pancasila yakni Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia," ujar Anies.

Adapun pembangunan Kampung Susun Akuarium dilakukan melalui dana kewajiban pengembang sesuai Peraturan Gubernur Nomor 112 Tahun 2019 tentang Tata Cara Pemenuhan Kewajiban Pembiayaan dan Pembangunan Rumah Susun Murah / Sederhana Melalui Konversi oleh Para Pemegang Izin Pemanfaatan Ruang.

"Selamat menempati hunian, penantian selama ini berbuah manis. Semoga Kampung Susun Akuarium ini membawa berkah bagi kita semua, menjadi solusi rumah bagi warga DKI Jakarta," ujar Anies. (cr1/jpnn)


Redaktur : Adil
Reporter : Dean Pahrevi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler