Anjing pun Harus Bisa Bela Pawang

Senin, 17 Juni 2013 – 09:27 WIB
Anggota Polda Jatim saat melatih anjingnya di lapangan Prapat Kurung Surabaya Minggu (16/6). FOTO: DIPTA WAHYU / JAWA POS
TANJUNG PERAK - Anjing yang tergabung dalam satuan satwa K-9 dilombakan di Lapangan Prapat Kurung, Jalan Perak Timur, kemarin (16/6). Kontes yang diklaim kali pertama di Indonesia itu diprakarsai Polres Pelabuhan Tanjung Perak. Ada 15 anjing K-9 dari Polda Jatim, Polrestabes Surabaya, Polres Jombang, Polres Sidoarjo, Polres Malang, dan Polres Pelabuhan Tanjung Perak.

Kontes ketangkasan anjing pelacak itu memang sedikit berbeda daripada kontes anjing pada umumnya. Selain materi kepatuhan dasar kepada perintah pawang. Ada pula tantangan untuk mencari orang asing yang sedang bersembunyi serta menjadi anjing penyerang yang membela si pawang.

Direktur Direktorat Sabhara Polda Jatim Kombespol Imam Sayuti mengatakan, kontes anjing K-9 itu kelak dijadikan agenda rutin. Bahkan, akan diusulkan menjadi agenda nasional di lingkungan Polri.

Di tempat terpisah, Polrestabes Surabaya juga punya agenda untuk merayakan Hari Bhayangkara. Kemarin mereka mengadakan acara sosial berupa sunatan masal, perawatan dan pemeriksaan gigi, serta pengobatan gratis. Kegiatan itu difokuskan di Satpas Colombo Surabaya.

Sementara itu, Polda Jatim melakukan bersih-bersih di kompleks Pasar Keputran. (jun/mar/c6/diq)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Waspadai Kaki Bergerak Sendiri dan Terasa Panas

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler